Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan Pecahkan Rekor di Gebyar Hari Pramuka ke-63

Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan Pecahkan Rekor di Gebyar Hari Pramuka ke-63

Terkini | medan.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 18:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Gebyar Hari Pramuka ke-63 tingkat Kota Medan berlangsung meriah di Lapangan Sejati, Kecamatan Medan Johor, Senin (23/9/2024). Selain diisi upacara Peringatan Hari Pramuka, dalam gebyar ini Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan berhasil memecahkan rekor MURI Dunia dengan penampilan 64 tarian etnis daerah yang dibawakan oleh 1.200 anak-anak Pramuka.

Piagam Rekor MURI Dunia tersebut diserahkan langsung oleh Senior Customer Relation Manager MURI, Andre Purwandono kepada Wali Kota Medan  Bobby Nasution selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan yang diwakili Pj Sekda yang juga selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting.

Sebelum memecahkan rekor MURI Dunia, Gebyar Hari Pramuka ke-63 ini diawali dengan Upacara Peringatan Hari Pramuka tingkat Kota Medan tahun 2024 yang dipimpin Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting mewakili Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kota Medan.

Gebyar ini juga ditandai dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa yang telah ditetapkan Kwarda Gerakan Pramuka Sumut kepada 18  orang Pimpinan Perangkat Daerah dan Camat yang ada di Kota Medan.

Lencana Pancawarsa ini disematkan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan kepada masing-masing penerima Tanda penghargaan diantaranya Lencana Pancawarsa II disematkan kepada Ferry Ichsan (Asisten Umum), Damikrot (Staf Ahli), Benny Sinomba Siregar (Kadis Pendidikan dan Kebudayaan), Gelora KP Ginting (Kadis DKP3), Andy Mario Siregar (Kepala Badan Kesbangpol), Chusnul Fanany Sitorus (Kabag Umum) serta  Lencana Pancawarsa I kepada beberapa Camat diantaranya, Andry Febriansyah (Camat Medan Johor), Arafat Syam (Camat Medan Petisah) dan Muhammad Husnul Hafiz ( Camat Medan Selayang).

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting mengungkapkan beberapa pesan untuk seluruh anggota gerakan Pramuka kota Medan, khususnya kepada adik-adik Pramuka Generasi Z.

Menurut Topan di tengah-tengah tantangan zaman sekarang ini kita dihadapkan dengan berbagai pilihan dan sebagai generasi muda yang  ikut di dalam Gerakan Pramuka, diyakini generasi Z yang katanya sulit diatur pasti dapat menjadi generasi terbaik yang bisa diatur dan mampu menjadi andalan bagi bangsa dan negara.

"Di bawah gerakan Pramuka kota Medan Kita percaya bahwa adik-adik  akan diajarkan bagaimana caranya meningkatkan rasa cinta kepada negara dan bangsa ini di tengah-tengah godaan budaya yang semakin terbuka melalui internet dan media sosial. Saya yakin dan percaya rasa nasionalisme kita rasa patriotisme kita tidak luntur dengan hal-hal yang demikian," kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan.

Topan juga mengungkapkan bahwa Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan juga patut bangga, karena atas kepedulian dan perhatian Bobby Nasution. Di mana, tahun ini Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan dapat kembali berkantor di Lapangan Cadika Medan Johor.

"Setelah direvitalisasi dan diresmikan oleh Ka Mabicab, kini lapangan Cadika bisa kembali kita gunakan baik berkantor maupun melakukan kegiatan Pramuka," ujar Topan.

Menurut Topan, Pemko Medan berkomitmen untuk mendukung gerakan Pramuka melalui Bantuan operasional yang hari ini sudah diserahkan ke masing-masing  kwatir Ranting (Kwaran).

Dengan bantuan ini dirinya menginginkan gerakan Pramuka mulai dari Cabang sampai tingkat ranting bahkan sampai ke tingkat gugus depan harus bisa dipastikan aktif kembali.

"Saya mendengar ada beberapa sekolah ingin mengaktifkan kembali  gugus depan tetapi mereka terkendala di administrasi. Oleh karena itu, saya meminta kepada Ketua Kwarran harus dan wajib memfasilitasi semua sekolah-sekolah memiliki mengaktifkan kembali gugus depannya, bantu mereka secara administrasi dan saya juga akan mendukung gerakan ini saya akan dukung kalau ada kendala maka mari kita diskusikan bersama-sama," sebut Topan.

Ditambahkan Topan, Gerakan Pramuka bukan hanya sekedar organisasi atau wadah pendidikan saja tetapi di era teknologi ini mari kita dorong gerakan pramuka untuk mendukung kegiatan-kegiatan positif lainnya dengan gan memanfaatkan teknologi dan aplikasi seperti media sosial.

"Anggota Pramuka Kwartir Cabang yang ada di kota Medan harus aktif di dalam mensosialisasikan kegiatan-kegiatannya terutama kegiatan yang ada di gugus depan melalui postingan di media-media sosial, sehingga kegiatan kita bisa dilihat dan ditiru maupun diaplikasikan oleh rekan lainnya," pungkas Topan.

Gebyar Hari Pramuka ke-63 selanjutnya dimeriahkan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan didampingi perwakilan Kwarda Gerakan Pramuka Sumut, Anggota DPRD Kota Medan, Yusuf Ginting, Sekretarias Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Disti Nuaridho dan Ketua Mabiran Se- Kota Medan.

Selain itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan juga melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda pembukaan Kegiatan Kemah Tangkas Gerakan Pramuka Kota Medan di Lapangan Cadika Medan Johor.

Topik Menarik