Tim Sepakbola Putri Sumut vs Bangka Belitung Diwarnai Kericuhan, Keputusan Wasit Jadi Sorotan

Tim Sepakbola Putri Sumut vs Bangka Belitung Diwarnai Kericuhan, Keputusan Wasit Jadi Sorotan

Olahraga | medan.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 00:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Pertandingan terakhir penyisihan grup A cabang sepakbola putri antara Sumatera Utara (Sumut) dan Bangka Belitung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 diwarnai oleh insiden kericuhan.

Pemain Sumut kejar-kejaran dengan wasit usai kalah 0-2 atas Bangka Belitung di Stadion Mini Disporasu, pada Senin (9/9/2024).

Pada awal laga, permainan kedua tim cukup berimbang. Namun, Babel sempat mengejutkan Anak asuh Marasabessy berkat gol cepat Henni Ulandari di menit ke-4. Hal ini pun langsung membuat Uci Tamala cs meningkatkan agresifitas serangan.

Menit ke-23, sepakan Uci masih melebar di sisi kiri gawang Babel. Tensi pertandingan mulai memanas saat pemain Sumut Uci dijatuhkan di area kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggap sebagai pelanggaran.

Pemain pun lantas melakukan protes keras ke wasit. Begitu juga, pelatih Sumut tampak emosional di pinggir lapangan mendatangi asisten wasit 1.

Pertandingan sempat memanas kembali bisa diredam. Namun, rapinya pertahanan Babel membuat penyerang Sumut sulit menembus benteng pertahanan Babel. Hingga babak pertama usai, Sumut tertinggal 0-1.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan kembali memanas. Benturan pemain di tengah lapangan kerap membuat pemain emosional. Di menit ke-56, Suci kembali memiliki peluang emas cetak gol usai tinggal berhadapan langsung dengan penjaga gawang Huci Helyani.

Mereka pun sempat lakukan duel fisik, tapi wasit tak menganggap sebagai pelanggaran. Disitulah mengawali tensi perntandingan kembali memanas.

Namun, Babel kembali mengejutkan tuan rumah dengan menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol Vivi Oktavia Riski di menit ke-61 yang memanfaatkan kesalahan kiper Sumut.

Tertinggal dua gol, Sumut mencoba meningkatkan intensitas serangan. Di satu sisi, benturan pemain kembali terjadi. Bahkan, Tepatnya di menit ke-69, kedua tim sempat terjadi benturan fisik. Perkelahian pun tak terelakkan.

Tampak seorang official Sumut masuk ke area lapangan dan menghampiri wasit lakukan protes. Begitu juga dengan sejumlah pemain saling dorong dan terlibat cekcok. Atas kejadian itu, pemain Babel Jasmine Sefia harus di kartu merah. Begitu juga salah satu tim pelatih Sumut mendapat kartu kuning.

Menyisakan 10 menit waktu sisa, Sumut sebenarnya punya kans samakan kedudukan. Namun, peluang yang didapat gagal dikonversi menjadi gol. Hingga wasit Lukman Setiawan meniup pluit panjang, skor 2-0 bagi kemenangan Babel.

Usai laga, sejumlah official Sumut dan pemain yang kecewa dengan kepemimpinan wasit kembali mengejar beberapa perangkat pertandingan hingga menuju ruang ganti. Namun, langkah mereka sempat diredam oleh panitia.

Kemudian pemain meluapkan kekecewaannya di lapangan. Tampak sejumlah pemain Sumut menangis histeris atas kekalahan. Ditambah kepemimpinan wasit yang dirasa merugikan mereka.

Untuk menghindari bentrok, usai laga seluruh pemain dan official Babel langsung kembali ke hotel dengan dikawal mobil pengamanan polisi.

Pelatih Sumut, Marasabessy, menilai laga kedua tim awalnya berjalan lancar. Hanya saja, mereka menilai ada keputusan wasit yang justru merugikan mereka. Seperti pelanggaran tim lawan di area kotak penalti, wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Sumut.

“Ada beberapa pelanggaran yang secara kasap mata kita orang awam pasti tahu. Kita tuan rumah bukan berarti minta dibantu, tapi kita tahu bersama itu memang harusnya penalti. Padahal, kalau tadi penalti, situasi bisa saja berubah,” ujarnya.

Sementara pemain Sumut, Herlina memohon maaf kepada masyarakat atas kegagalan mereka lolos ke semifinal. Tapi, mereka sudah berjuang maksimal di lapangan.

“Wasit kurang profesional menurut saya. Apabila tadi beberapa pelanggaran itu dapat penalti mungkin hasil berubah dan semangat atlet lebih semangat lagi,” katanya.

Atas insiden itu, perwakilan Babel tidak dihadirkan dalam sesi konferensi pers. Ketua panitia pelaksana pertandingan, Hadi Khairul Sinaga mengatakan insiden dipicu adanya tensi permainan yang sudah memanas di penghujung babak pertama. Namun, panitia masih bisa meredam suasana. Namun, di penghujung laga insiden kembali terjadi.

“kita hanya bisa mengamankan, kalau untuk melarang pemain yang kecewa ya kita gak bisa mengontrol. Tapi, sekarang ya sudah aman. Makanya, setelah pertandingan, SO kita minta bantuan ke polisi untuk segera kawal tim Babel sampai ke hotel agar tidak terulang insiden lagi,” ucap Hadi.

Dengan hasil ini, maka dipastikan Babel berhak meraih tiket terakhir semifinal menyusul DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Papua Pegunungan yang terlebih dahulu lolos.

Topik Menarik