Dibalik Manuver Politik Bang Zul, Ini Kata Ihsan Hamid

Dibalik Manuver Politik Bang Zul, Ini Kata Ihsan Hamid

Terkini | mataram.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 14:50
share

MATARAM, iNewsmataram.id-Manuver politik Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah akhir-akhir ini menuai sorotan. Bang Zul, sapaan karib politisi Partai Keadilan Sejahtera itu kerap muncul melalui akun facebooknya dengan beragam unggahan.

Terbaru, dia muncul bersama TGB.K.H Muhammad Zainul Majdi. Kedua tokoh itu tampak asyik bersepedaan di Kota Mataram. Sebelumnya, Bang Zul mengungah fotonya bersama Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Termasuk menyampaikan pernyataan bernuansa candaan usai pencabutan nomor urut di KPUD NTB. Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Dr. Ihsan Hamid menilai gaya politik santai Bang Zul itu bukan hal baru.

Menurutnya, Gubernur NTB periode 2018 - 2023 itu selama ini memang dikenal humble. Mudah diakses publik, dan kerap berpenampilan santai. Adapun kedekatannya dengan TGB, Ihsan menilai hal itu wajar karena memang TGB merupakan karib dekat peraih nomor urut 2 pada Pilgub NTB 2024 itu.

 

Secara politik, menurut peraih gelar doktor ilmu politik Universitas Islam Syarif Hidayatullah ini, posisi TGB saat ini memposisikan diri netral.

Artinya, tidak secara tegas menyatakan sikap politiknya untuk memihak baik Hj. Sitti Rohmi Djalilah maupun Bang Zul."Keakraban Bang Zul dengan TGB ini merupakan hal biasa. Namun dalam konteks politik saat ini siapapun berhak menafsirkannya. Lagulipula, memang hingga saat ini TGB belum menyampaikan sikap politiknya dengan tegas," Ujar Ihsan Hamid kepada iNewsmataram.id Rabu (25/9/2024). 

Mengapa sejumlah calon kepala daerah berupaya meminta restu TGB?. Terkait itu, Ihsan menilai posisi TGB dalam perpolitikan NTB saat ini masih menjadi Epicentrum.

Sebab, TGB merupakan salah satu tokoh yang tetap menjadi kiblat politik. Terutama bagi jamaah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah.

 

TGB yang meraih 182.024 suara pada pemilu legislatif 2024 itu dinilai berpotensi mengubah arah politik NTB menjelang pemungutan suara Pilgub NTB 2024.

"Sikap politik TGB ini bagaimanapun juga cukup menentukan arah dukungan di Pilgub NTB 2024. Tidak salah jika Bang Zul sejak awal terus menerus membangun komunikasi intens dengan TGB," Paparnya.

Pesan-pesan yang disampaikan Bang Zul dalam setiap momentum dengan membawa nama TGB menurutnya bagian dari strategi politik untuk menarik simpati jamaah NWDI.

Lagipula, meskipun Sitti Rohmi Djalilah lebih dekat dengan NWDI, tapi tidak menutup kemungkinan ada jamaah yang cenderung menunggu arah politik TGB.

 

"Umi Rohmi memang lebih dekat dengan NWDI, tapi sepertinya TGB tetap mendukung keduanya yakni Bang Zul dan Umi Rohmi. Itulah mengapa Bang Zul menyampaikan pesan TGB agar menjaga hati Umi Rohmi," ujar Ihsan.

Adapun pose bersama Prabowo Subianto, menurut Ihsan hal itu wajar mengingat Bang Zul punya kedekatan emosional sebagai sahabat. Terlebih saat ini Prabowo masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.

Meski memang dalam gambar tersebut terkesan ingin menyampaikan bahwa hanya Bang Zul satu-satunya calon Gubernur NTB yang bisa masuk lingkaran elit istana. Itu menunjukkan kualifikasi dan jam terbang sebagai politisi gaek yang bisa tembus ke lingkaran elit dan diterima penuh oleh akar rumput.

Topik Menarik