Coret Ramadhan Sananta dari Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sebut Malik Risaldi Lebih Bagus

Coret Ramadhan Sananta dari Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sebut Malik Risaldi Lebih Bagus

Olahraga | kutai.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 08:20
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ramadhan Sananta dicoret dari tim nasional Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong lebih memilih memanggil penyerang Persebaya Surabaya, Malik Risaldi.

Ternyata, ada alasan utama dibalik keputusan menepikan penyerang Persik Kediri itu. Ramadhan Sananta selama ini memang kerap dipanggil memperkuat timnas Indonesia.

Namun, Sananta jarang bermain reguler di level tim senior dan hanya beberapa kali diturunkan sebagai pemain pengganti. Dia belum bisa menggeser penyerang reguler seperti Rafael Struick atau Ragnar Oeratmangoen.

Jelang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong menepikan Sananta. Pelatih asal Korea Selatan itu memilih memanggil Malik Risaldi.

Rupanya, Shin Tae-yong memiliki perspektif baru terkait performa Sananta dengan Risaldi. Dia menilai jika Risaldi saat ini lebih baik ketimbang Sananta untuk lini depan Skuad Garuda.

 

Hal ini yang mendasari keputusan Risaldi dipanggil memperkuat timnas Indonesia ketimbang Sananta.

"Kondisi Malik (Risaldi) lebih baik dan saya ingin memberi kesempatan kepada Malik," ungkap Shin kepada awak media di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, dikutip pada Minggu (6/10/2024).

Bagi Malik Risaldi, ini merupakan pemanggilan keduanya untuk membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 27 tahun itu sebelumnya pernah dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia berjuang di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Sayangnya, pada pemanggilan tersebut, Malik belum mendapatkan kesempatan debutnya. Dia bahkan tidak lagi dipanggil ketika Timnas Indonesia bermain di dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di level klub, performa Risaldi cukup menjanjiikan. Musim ini, bermain di sektor sayap kanan, dia sudah menyumpang dua gol dari empat pertandingan bersama Persebaya.

Kehadiran Risaldi ini menjadi opsi tambahan bagi Shin Tae-yong saat meladeni Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa pada Kamis (10/10/2024) dan China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, China pada Selasa (15/10/2024).

artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik