Erick Thohir Bicara Peluang Elkan Baggott Kembali Dipanggil Timnas Indonesia

Erick Thohir Bicara Peluang Elkan Baggott Kembali Dipanggil Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 09:41
share

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap peluang Elkan Baggott kembali dipanggil Timnas Indonesia. 

Sejak terakhir membela Tim Garuda di Piala Asia 2023 Januari lalu, Elkan tak pernah lagi masuk skuad Pelatih Shin Tae-yong (STY). Kondisi ini terjadi setelah sang pemain tak merespons panggilan arsitek asal Korea Selatan itu jelang melawan Timnas Guinea U-23 pada playoff Olimpiade Paris 2024, Mei lalu. 

Kabarnya, STY marah dengan sikap Elkan Baggott yang tak mengindahkan panggilannya. Padahal, saat itu sang pemain tidak punya aktivitas apa pun bersama klub. Dia malah memilih berlibur ketimbang memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23. 

Erick Thohir mengatakan Elkan dan STY sebaiknya duduk bersama untuk kepentingan Timnas Indonesia. Namun, dia sangat menghormati apapun keputusan yang diambil oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

"Ya, kembali dari kedua belah pihak. Tentu Elkan mesti membuka diri. Saya lihat Elkan pemain potensial buat indonesia, tetapi kembali kita itu tim nasional dengan permainan tim, tidak bisa hanya satu (pihak). Tidak usah saling ego," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

"Ya, Coach Shin Tae-yong prinsipnya ya dia punya kebijakan yang keras ya harus hormati itu. Kalau saya sebagai ketua PSSI kembali lagi saat 150 pemain databasenya belum cukup, ya kita terus mencari," ujarnya.

Pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu mengatakan Timnas Indonesia adalah tempat yang tepat untuk Elkan agar dapat semakin berkembang. Akan tetapi, dia minta Elkan juga punya keseriusan untuk memajukan Skuad Garuda. 

"Ya, kalau mau bangun timnas dan saya yakin kesempatan Elkan untuk berprestasi bersama timnas indonesia jauh lebih besar kesempatannya bisa bergabung ke timnas negara lain. Elkan sendiri meskipun punya komitmen," ucapnya.

"Dan saya rasa value tersendiri bergabung dengan Timnas indonesia mungkin Elkan juga perlu memikirkan ya kita cari kecocokan," tuturnya. 

Topik Menarik