Bawaslu Kuningan Tegaskan Perusakan APK Bisa Terancam Pidana

Bawaslu Kuningan Tegaskan Perusakan APK Bisa Terancam Pidana

Terkini | kuningan.inews.id | Selasa, 8 Oktober 2024 - 18:30
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id - Bawaslu Kabupaten Kuningan, Jabar, menegaskan soal tindakan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) bisa terancam hukuman pidana. Hal ini ditegaskan, usai adanya laporan soal dugaan perusakan APK peserta Pilkada Kuningan.

Ketua Bawaslu Kuningan, Firman dalam keterangan persnya, Selasa (8/10), mengatakan, telah melakukan pendalaman terkait pelaporan soal perusakan APK Pilkada 2024 yang terjadi di beberapa tempat. Meski begitu, penindakan terhadap kasus tersebut masih terkendala minimnya bukti, terutama rekaman CCTV di lokasi kejadian.

"Setelah melakukan pendalaman dan mencari bukti, kami menemukan bahwa pelapor belum memenuhi syarat yang diperlukan. Namun, jika ada bukti CCTV yang menunjukkan pelaku, kami pasti akan memprosesnya hingga ke ranah pidana,”jelasnya.

 

Selain itu, pihaknya juga menyoroti peran Aparatur Sipil Negara (ASN), perangkat desa, kepala desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dilarang terlibat dalam kampanye. Ia menekankan bahwa mereka adalah bagian dari fokus utama pengawasan Bawaslu selama masa kampanye.

"Kami juga meminta kepada setiap calon agar mengajukan surat pemberitahuan kepada kepolisian, KPU, dan Bawaslu sebelum melakukan kegiatan kampanye. Ini penting untuk mencegah miskomunikasi, seperti yang terjadi di beberapa desa,”terangnya.

Firman juga menyoroti praktik politik uang, terutama terkait pemberian uang transportasi, konsumsi, atau bahan kampanye.

"Segala bentuk pemberian harus dalam bentuk barang atau voucher, bukan uang tunai. Aturan sudah jelas, pemberian bahan kampanye atau uang transportasi harus berbentuk barang seperti makanan ringan atau voucher, tidak boleh dalam bentuk uang," pungkasnya.***

Topik Menarik