Jokowi Dukung Kabinet Prabowo-Gibran, Yakin Menteri Terpilih Lewat Pertimbangan Matang

Jokowi Dukung Kabinet Prabowo-Gibran, Yakin Menteri Terpilih Lewat Pertimbangan Matang

Berita Utama | kendari.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 04:00
share

SOLO, iNewsKendari.id - Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi), memberikan tanggapan terkait susunan Kabinet Merah Putih 2024-2029 yang akan mendukung kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Jokowi percaya bahwa, tokoh-tokoh yang dipilih adalah yang terbaik untuk menjalankan tugas pemerintahan ke depan.

"Saya meyakini yang dipilih Pak Prabowo adalah yang terbaik dari yang ada," ujar Jokowi di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (20/10/2024).

Jokowi menekankan bahwa keputusan untuk memilih menteri dan wakil menteri sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden Prabowo. Menurutnya, nama-nama yang sudah diumumkan telah melalui proses pertimbangan yang cermat.

"Semuanya 100 persen hak prerogatif presiden, semuanya saya kira sudah lewat pertimbangan yang matang. Siapa pun yang telah dipilih itu pasti melalui pertimbangan yang matang, melalui kalkulasi yang juga matang," jelasnya.

 

Saat ditanya apakah dirinya dilibatkan dalam diskusi terkait pemilihan menteri, Jokowi kembali menegaskan bahwa hal tersebut sepenuhnya menjadi wewenang presiden.

"(Diajak diskusi) Itu hak prerogatif presiden," tegasnya.

Jokowi juga mendukung rencana Prabowo untuk membawa para menteri dan wakil menteri ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah. Menurutnya, hal ini penting untuk menyatukan visi dan misi di awal masa pemerintahan.

"Itu kan bagus, (menteri dibawa ke Akmil), ada briefing, menyamakan visi, mengkonsolidasikan kabinet di awal itu saya kira baik, sangat baik," tutup Jokowi.

Topik Menarik