Kampanye di Bombana, Cagub Sultra Andi Sumangerukka Soroti Stabilitas Harga Pangan di Pasar Tadoha

Kampanye di Bombana, Cagub Sultra Andi Sumangerukka Soroti Stabilitas Harga Pangan di Pasar Tadoha

Terkini | kendari.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 14:50
share

BOMBANA, iNewsKendari.id - Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Sumangerukka, melakukan serangkaian kampanye di Kabupaten Bombana.

Hari ketiga, Andi Sumangerukka (ASR), melakukan kampanye dengan mengunjungi Pasar Tadoha, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Sabtu (12/10/2024).

Selama berada di Pasar Tadoha, ASR dengan ramah berdialog, serta berfoto dengan para pedagang dan pembeli. Saat dialog dengan pedagang, ASR menyebut pentingnya stabilitas harga bahan pokok.

"Penting untuk memastikan kestabilan harga bahan pokok, selain untuk menjamin dapat dijangkau oleh daya beli masyarakat umum, juga memastikan bahwa harga bahan pokok di pasaran dapat mendatangkan keuntungan bagi pedagang," sebut ASR. 

Lebih lanjut ASR mengungkapkan keprihatinannya dengan fenomena yang kerap terjadi di pasar. Di mana, masyarakat umum tidak mendapatkan harga pangan yang layak, dan pedagang juga tidak mendapatkan keuntungan.

ASR menyebut, hasil kajian bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) penyebab terjadinya fenomena tersebut karena tengkulak.

 "Salah satu penyebab kenapa hal tersebut terjadi, karena adanya peran tengkulak, yang memonopoli harga bahan pangan. Ini yang akan menjadi perhatian ketika nanti terpilih dan diamanahkan menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara nanti," tegasnya.

ASR menekankan pentingnya pasar tradisional dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. 

"Pasar merupakan penggerak ekonomi kemasyarakatan, terutama pasar tradisional, karena dapat diakses dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat. Maka penting untuk memastikan sarana dan prasarana pasar yang lebih baik lagi, agar menjadi area perputaran roda ekonomi masyarakat," kata ASR. 
 
Masyarakat yang hadir di Pasar Tadoha berharap, ASR-Hugua terpilih menjadi Gubenur dan Wakil Gubernur Sultra, pada 27 November 2024, agar bisa mengatasi berbagai tantangan yang selama ini dihadapi masyarakat.

Topik Menarik