Tak Hanya Urus Perbatasan Negara, TNI Berkontribusi di Pendidikan

Tak Hanya Urus Perbatasan Negara, TNI Berkontribusi di Pendidikan

Nasional | karanganyar.inews.id | Minggu, 27 Oktober 2024 - 19:00
share

KEFAMENANU, iNewskaranganyar.id - Salah satu upaya dalam mewujudkan akses pendidikan yang baik dan bermutu di perbatasan RI-RDTL, Komandan Resor Militer (Danrem) 161/Wira Sakti Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, meresmikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banu Kecil di Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur pada Sabtu, (27/10/2024).

Peresmian ini dipimpin langsung oleh Danrem 161/WS Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, yang juga didampingi oleh Ny. Paula Luis De Assis Nunes, selaku Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana.

Turut hadir dalam peresmian ini diantaranya; Dandim 1618/TTU Letkol Arm Didit Prasetyo Purwanto beserta Ny. Sherly Didit Prasetyo Purwanto, Ketua DPRD TTU Kristoforus Efi, Dansatgas RI-RDTL Yonarhanud 15/DBY Letkol Arh Rendy Setyio Nugroho, dan Kepala Desa Tasinifu Heribertus Antonius Efi, dan tokoh adat, tokoh agama,.serta masyarakat setempat.

Kehadiran sejumlah tokoh penting tersebut menjadi bukti nyata dan komitmen untuk menjamin mutu pendidikan yang lebih baik di wilayah perbatasan.

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa sekolah yang telah dibangun di SDN Banu Kecil merupakan sekolah yang memberikan kesempatan yang sama dan kesempatan lebih baik bagi anak-anak di Perbatasan RI-RDTL

Sebab, Menurutnya, Pendidikan merupakan hak setiap anak yang mana pendidikan sebagai fondasi bagi masa depan bangsa Indonesia.

"Ya kami ingin memastikan bahwa mereka bisa belajar dengan baik, aman, dan nyaman di lingkungan ini,” kata Danrem Joao Nunes.

Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, menuturkan bahwa pembangunan SDN tersebut merupakan salah satu  langkah konkret untuk menjawabi kondisi pendidikan yang belum memadai  di sekolah tersebut.

Brigjen Joao Nunes  menyampaikan bahwa dengan adanya kepedulian dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak,  dan Ketua Umum dirinya diperintahkan Untuk Merenovasi SDN Kecil Banu.

"Jadi karena adanya rasa kepedulian dari Bapak KASAD Bapak Maruli Simanjuntak daya diperintahkan untuk renovasi SD Negeri oleh karena itu saya  perintahkan Dandim 1618/TTU Beserta para Babinsa untuk lakukan perehaban atau renovasi fasilitas sekolah ini sampai dengan Selesai," tuturnya.

 

Ia berharap semoga SDN Kecil Banu dapat menjadi tempat belajar yang layak dan membanggakan bagi anak-anak.

Tak hanya mengupayakan fasilitas yang memadai, Brigjen TNI Joao Xavier juga menekankan pentingnya peran masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat sekolah ini.

 “Sekolah ini milik kita bersama, milik masa depan anak-anak kita. Mari kita jaga dan pelihara bersama-sama, demi memastikan generasi penerus kita dapat terus belajar dengan tenang,”pintanya.

Sementara itu Gaspar Tefa, Kepala Sekolah SD Kecil Banu, juga menyampaikan apresiasinya atas kepedulian dan bantuan TNI yang telah berupaya dan bekerja keras dalam merenovasi dan mendukung mutu pendidikan disekolahnya.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan. Kini anak-anak di SDN Kecil Banu dapat belajar di fasilitas yang setara dengan sekolah-sekolah di kota," ucap Gaspar 

Gaspar mengemukakan bahwa dengan semangat kebersamaan yang tercermin dari acara peresmian ini, kehadiran SDN Kecil Banu di Desa Tasinifu bukan hanya sekadar bangunan baru, tetapi sebuah harapan baru dan simbol kemajuan bagi anak-anak perbatasan.

Dia menguraikan bahwa, harapan besar itu dapat disematkan kepada ada anak-anak Desa Tasinifu untuk dapat mengejar dan meraih pendidikan yang layak dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.***

Topik Menarik