Kado Terindah Sebelum Pensiun, Erlansyah Atlet Renang Asal Kalimantan Barat Raih Emas 

Kado Terindah Sebelum Pensiun, Erlansyah Atlet Renang Asal Kalimantan Barat Raih Emas 

Olahraga | karanganyar.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 21:00
share

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Erlansyah atlet perenang asal Kalimantan Barat berhasil meraih emas pertama di nomer 400 meter gaya bebas putra klasifikasi S8 dalam Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 di Intanpari Waterpark, Karanganyar, Senin (7/10/2024). 

Erlansyah berhasil mencatatkan waktu 6 menit 6,26 detik mengungguli tiga pesaingnya yakni atlet asal Kalimantan Selatan, Ansari, yang menempati posisi kedua dengan raihan waktu, 6 menit 43,84 detik. 

Kemudian di peringkat ketiga ditempati Agung Hariyanto asal Jawa Tengah yang mencatatkan waktu 10 menit 33,94 detik, serta di peringkat keempat diduduki Fery Dwi Nugroho asal Jawa Tengah dengan catatan waktu 11 menit 06,52 detik. 

Erlansyah mengaku, raihan medali emas pertama pada cabor para renang nomer 400 meter gaya bebas putra (S8) ini memang menjadi target awal di PEPARNAS XVII Solo 2024. Ia mengatakan, jalannya pertandingan cukup seru.

"Alhamdulilah saya senang sekali. Kemarin memang saya ingin target emas di nomer 400 meter ini, sudah sesuai target. Pertandingan tadi seru dan ketemu sama kawan-kawan semua. Ada deg-degan juga," kata Erlansyah. 

Berawal dari Seorang Nelayan

Erlansyah menceritakan, kiprahnya sebagai atlet para renang berawal dari ajakan teman untuk ikut olahraga renang pada tahun 2004 lalu. Ia memiliki pengalaman dalam dunia renang lantaran pernah menjadi nelayan di kampung halamannya, Kalimantan.

Kemudian, setelah menjalani berbagai latihan dan pertandingan, akhirnya ia berhasil masuk dalam daftar atlet PEPARNAS XVII. 

 

"Saya dulu awalnya seorang nelayan, lalu coba berbagai usaha dari tukang tambal ban, jual bunga. Lalu ada kawan mengajak ikut olahraga renang, karena memang mantan pelaut, pasti bisa berenang, itu sekitar tahun 2004, dan akhirnya masuk tahun ini," ujarnya.  

Putuskan Pensiun

Erlansyah menyebut, medali emas di PEPARNAS XVII Solo ini menjadi capaian penutupnya sebagai seorang atlet para renang. Faktor usia yang sudah menyentuh 44 tahun menjadi alasan kuat Erlansyah memutuskan untuk pensiun sebagai atlet para renang. 

"Mungkin ini terakhir saya turun, usia sudah mau 45 tahun," ungkap dia. 

Erlansyah menegaskan akan tetap berupaya maksimal untuk meraih medali di dua nomer lain yang ia ikuti, yakni 100 meter gaya bebas bebas putra S8 dan 100 gaya punggung putra S8. 

"Saya ikut tiga nomer yaitu 400 meter, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya punggung. Saya akan berusaha, kemarin latihan rutin selama tiga bulan," jelas Erlansyah.***

Topik Menarik