Polda Jateng Klarifikasi Video Viral Kapolda Enggan Bersalaman dengan Andika Perkasa

Polda Jateng Klarifikasi Video Viral Kapolda Enggan Bersalaman dengan Andika Perkasa

Nasional | karanganyar.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 21:30
share

SEMARANG, iNewskaranganyar.id - Beredar video viral Kapolda Jateng Irjen Ribut Hari Wibiso yang menolak bersalaman saat berpapasan dengan calon Gubernur Jawa Tengah Jenderal TNI (Pur) Andika Perkasa di media sosial (Medsos) mendapatkan tanggapan dari pihak Polda.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto meluruskan bahwa peristiwa itu tidak ada unsur kesengajaan.

Sebab jika dicermati, saat itu Kapolda yang sedang berjalan hendak meninggalkan kantor KPU Jateng sudah menundukan kepala untuk berpamitan. 

"Jadi saat itu tidak ada unsur kesengajaan tidak mau bersalaman," terang Kombes Pol Artanto dalam rilisnya pada media, Rabu (25/9/2024). 

Ia mengatakan video yang viral itu berbanding terbalik saat keduanya bertemu diruang transit di KPU Jateng dalam acara pemilu damai, pada Selasa (24/9/2024) malam. 

"Dimana antara Pak Andilka dengan Pak Ribut di ruang transit menunjukkan sikap yang bersahabat, karena keduanya selain bersalaman dan cipika-cipiki juga ngobrol akrab membahas berbagai hal," terang Kabidhumas. 

Adanya video yang terkesan Kapolda enggan bersalaman dengan Pak Andika, dinilai Artanto, sengaja diunggah ke media dengan tujuan untuk memperkeruh suasana.

Upaya itu, lanjut Kabidhumas, sengaja diframing oleh orang yang tidak senang pilkada berlangsung damai, aman dan nyaman.

"Untuk itu kami yakinkan bahwa keakraban, soliditas antara TNI dan Polri tetap terjalin dan terjaga dengan baik," paparnya.

Upaya pihak tertentu tersebut, kata Kabidhumas, tidak membuat hubungan TNI/Polri di Jawa Tengah yang selama ini berjalan baik, solid,  terpengaruh atas upaya-upaya tersebut.

 

"Untuk itu kami juga menyayangkan hanya video yang mengambarkan Kapolda terkesan tidak bersedia bersalaman dengan Bapak Andika dibesar-besarkan, sedang video keakraban keduanya di ruang transit KPU Jateng malam itu yang diawali saling bersalaman dan cipika-cipiki tidak diekplore atau diviralkan di media," papar Artanto saat dikonfirmasi terkait munculnya video yang ramai dan jadi pusat perhatian masyarakat tersebut. 

Topik Menarik