Balai Bahasa Berikan Penghargaan Kominfo Kab. Jayapura Atas Upaya Penggunaan Bahasa Indonesia

Balai Bahasa Berikan Penghargaan Kominfo Kab. Jayapura Atas Upaya Penggunaan Bahasa Indonesia

Terkini | jayapura.inews.id | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 13:00
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Balai Bahasa Provinsi Papua memberikan penghargaan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, dalam penggunaan bahasa Indonesia yang benar, dan Kominfo menjadi satu-satunya lembaga pemerintah di Provinsi Papua yang menerima penghargaan.

Penghargaan diserahkan langsung Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua, Sukardi Gau dalam kegiatan evaluasi dan apresiasi lembaga pengguna bahasa dalam pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dalam dokumen lembaga di Provinsi Papua, Kamis (03/10/2024) di Grand Abe Hotel.

Kegiatan yang dihadiri oleh 45 orang peserta perwakilan dari lembaga Pendidikan, Pemerintah dan lembaga swasta berbadan hukum di provinsi papua, merupakan tindak lanjut dari tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu tahap audensi dengan pemangku kepentingan lembaga, tahap sosialisasi bahan pengutamaan Bahasa Negara di ruang publik dan dalam dokumen Negara, tahap fasilitasi atau pendampingan kebahasaan.

Program pelayanan profesional terhadap pengguna Bahasa di ruang publik telah berlangsung selama 3 tahun, dari tahun 2022 - 2024. menyasar 45 lembaga yang terdiri atas 23 lembaga di kota Jayapura, 11 lembaga di Kabupaten Jayapura dan 11 lembaga di kabupaten keerom.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua, Sukardi Gau mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan pembinaan dalam  pengutamaan Bahasa Negara di Provinsi Papua adalah agar lembaga-lembaga binaan dapat membantu menyebarkan atau bahkan membuat program pengutamaan Bahasa Negara di wilayah kerjanya.

“mudah-mudahan bisa diterapkan dan kita pahami apa yang kita telah dapatkan, dan mudah-mudahan ke 45 lembaga ini bisa menjadi contoh bagi yang lainnya agar memberi dampak bagi yang lainnya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST., M.Sos., menuturkan ia memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai dilingkungan tempatnya memimpin, dengan seksama mau menuruti arahan pimpinan dan dengan disiplin mengikuti setiap materi dari Balai Bahasa Papua.

"Apresiasi ini saya berikan karena tahun sebelumnya banyak hal yang harus dievaluasi dalam penggunaan bahasa, terlebih bahasa dokumen, namun berkat bimbingan Balai Bahasa dan perhatian semua pegawai kita perlahan membaik dan berhasil peroleh penghargaan ke dua terbaik," ucap, Gustaf.

Balai Bahasa Papua memberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada 6 lembaga, dari terbaik satu hingga terbaik enam yakni SMP Negeri 1 Jayapura, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura, SMK Negeri 2 Jayapura, SMA Negeri 2 Skanto, SMP Negeri 2 Sentani dan SMA YPPK Asisi Sentani.

Topik Menarik