Berkomitmen Hasilkan Lulusan COMPLETE, FIB Undip Selenggarakan Soft Skill Mahasiswa

Berkomitmen Hasilkan Lulusan COMPLETE, FIB Undip Selenggarakan Soft Skill Mahasiswa

Terkini | jatenginfo.inews.id | Rabu, 11 September 2024 - 18:30
share

SEMARANG, iNewsJatenginfo - Fakultas Ilmu Budaya berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul. Komitmen itu diwujudkan melalui kegiatan Soft Skill Mahasiswa Pelatihan Penulisan di Media dan Online, Senin 9 Spetember 2024 di GSG FIB, pukul 09.00-12.30 WIB.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Alamsyah, M.Hum., dalam sambutannya mensupport dengan baik upaya meningkatkan kualitas soft skill mahasiswa FIB Undip, di luar bidang akademik (hard skill).

Prof. Alamsyah berharap masiswa mendapatkan pembekalan yang cukup di kampus untuk berkompetisi di dunia kerja nantinya Tujuan kegiatan ini antara lain, supaya FIB menghasilkan lulusan yang COMPLETE tegasnya.

COMPLETE artinya Communicator (mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan), Professional (bekerja secara prinsip dan prestatif) , Leader (adaptif dan proaktif), Entrepreneur (berwirausaha dan inovatif), Thinker (berpikir kritis), dan Educator (mampu menjadi agen of change ).

Kegiatan ini diikuti oleh 125 mahasiswa FIB yang terdiri dari Program Studi Sastra Indonesia, Sejarah, Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Bahasa dan Kebudayaan Jepang, dan Antropologi Sosial. Jumlah peserta terbatas dan mereka melakukan pendaftaran dan diseleksi terlebih dahulu.

Kegiatan yang menarik minat mahasiswa saat ini, dimoderatori oleh Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum. Moderator yang juga pernah jadi jurnalis itu, memantik peserta dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan mengharapkan peserta proaktif.

Narasumber yang dihadirkan pun sesuai kompetensinya, yakni Dr. TeguhHadi Prayitno, M.hUm. Ketua IJTI Jateng dalam paparanya, menyampaikan antara lain literasi media, Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Profesi Jurnalis, dan Media Online.

Materi yang disampaikan tersebut mendapatkan antusiasme peserta dengan beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaa yang diajukan mahasiswa dari program Studi Sejarah, Ilmu Perpustakaan, Sastra Indonesia, dan Bahasa dan Kebudayaan Jepang itu, antara lain policy dan tendensi media, literasi digital, strategi media/jurnalis, dan tontonan yang dianggap kurang faedah ( unfaedah ).

Kegiatan softskill terkait penulisan di media massa (online) dan penguatan literasi digital ini diharapakan ada tindak lanjut. Kegiatan ini ditutup pukul 12.30 WIB dan diakhiri dengan sesi foto Bersama.

Topik Menarik