Usai Deklarasi Kampanye Damai, Relawan Luthfi-Taj Yasin Bikin Aksi Simpatik

Usai Deklarasi Kampanye Damai, Relawan Luthfi-Taj Yasin Bikin Aksi Simpatik

Infografis | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 19:08
share

Relawan pendukung Ahmad Luthfi-Taj Yasin melakukan aksi simpatik dengan membersihkan sampah usai deklarasi kampanye damai di depan KPU Jawa Tengah, Semarang, Selasa (24/11/2024).

Mereka yang tergabung dalam Relawan Alap-Alap Jokowi juga membersihkan sampah yang berada di depan Kantor KPU Jawa Tengah pascapengambilan nomor urut pasangan calon pada Senin (23/9/2029) malam.

Baca juga: Partai Perindo Serahkan Surat Rekom Pilgub Jateng ke Ahmad Luthfi-Taj Yasin

“Ini aksi spontan saja dari kami relawan yang sejak awal konsisten mendukung Pak Luthfi dan Gus Yasin dalam Pilgub Jateng mendatang,” kata Koordinator Posko Alap-Alap Jokowi Semarang Lilik seusai melakukan aksi bersih-bersih di depan KPU Jateng.

Lilik menjelaskan, aksi membersihkan sampah pascadeklarasi kampanye damai melibatkan puluhan relawan dari Kota Semarang. Mereka dari rumah sudah mempersiapkan kantong plastik ukuran besar dan memungut sampah botol minuman hingga kardus makanan.

“Kita tidak peduli itu yang meninggalkan sampah siapa, pendukung siapa. Kita hanya ingin lingkungan Kantor KPU setelah acara deklarasi kampanye damai kembali bersih. Kita jaga kebersihan Kota Semarang, dan itu juga salah satu pesan Pak Luthfi,” ungkap Lilik.

Salah satu warga Semarang, Taufik yang melihat aksi itu turut memberikan pujian. Menurut dia, sudah saatnya kampanye diisi dengan hal-hal yang positif termasuk dengan melakukan aksi simpatik seperti aksi bersih-bersih sampah oleh pendukung calon gubernur.

Baca juga: 15 Parpol Komitmen Menangkan Ahmad Luthfi-Gus Yasin di Pilgub Jateng

“Menurut saya sih bagus, bikin simpati kepada masyarakat,” ujar warga Peterongan, Semarang, Taufik.

Ketua Umum Alap-Alap Jokowi Muhammad Isnaini mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan tersebut merupakan kebiasaan.

“Ini kebiasaan kami di kampung. Kebetulan saya juga Ketua RT. Tepatnya di kampung padat di Kota Semarang. Kegiatan ini seperti menjadi rutinitas di kampung. Ada tirakatan 17-an, 1 Sura atau tahun baru. Termasuk kalau salat id,” tuturnya.

Dia melanjutkan, karena kampung mereka kampung padat, yang dipakai jalan kampung. “Nah, setelah selesai semuanya, kami gerakkan warga terutama karang taruna. Datang bersih, pulang ya harus bersih. Itulah, sudah jadi rutinitas,” kata Isnaini.

“Termasuk acara di KPU Jateng hari ini. Kampanye Damai Pilgub Jateng. Kita tunjukkan kesungguhan kita mendukung Mas Luthfi-Taj Yasin, menangkan nomor 2. Meski melalui gerakan sangat sederhana,” pungkasnya.

Topik Menarik