Unik! Wisuda Mahasiswa UMY Diwarnai Kampanye Berjilbab Tetap Berprestasi

Unik! Wisuda Mahasiswa UMY Diwarnai Kampanye Berjilbab Tetap Berprestasi

Infografis | sindonews | Kamis, 5 September 2024 - 08:00
share

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar wisuda bagi mahasiswa vokasi, sarjana dan pascasarjana periode I tahun akademik 2024/2025, Selasa (4/9/2024). Wisuda diikuti 1.497 wisudawan dan diwarnai kampanye berjilbab tetap berprestasi.

Kampanye ini dilakukan dengan membentangkan spanduk bertuliskan ”Kami Berjilbab Kami Berprestasi”di tengah-tengah prosesi wisuda. Spanduk ini dibentangkan 11 wisudawati terbaik.

“Jilbab merupakan sebuah cerminan iman dan di akhir kehidupan dapat meringankan langkah-langkah amaliah orang tua, terutama seorang ayah di akhirat nanti,” kata Rektor UMY Gunawan Budiyanto dalam keterangannya, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: Total Rp6 Miliar, UMY Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Kedokteran

Gunawan juga menuturkan kebanggaannya kepada wisudawati UMY yang mengenakan hijab sebagai mahkotanya.Wisudawati UMY berjilbab telah memberikan bukti kepada dunia bahwa jilbab bukan suatu penghalang untuk melakukanhal-hal baik dan terpuji.

“Semoga kalian akan tetap menjadi muslimah seperti halnya wisudawati berjilbab dan bisa selalu meraih prestasi,” ujarnya.

Berjilbab bukan sebagai suatu pilihan atau bahkan penghalang bagi perempuan untuk terus berkembang.

Baca Juga: Kisah Jenderal Kopassus Gagal Raih Brevet Komando, Dapat Kehormatan di Pemakaman Jenderal Ahmad Yani

Namun, jilbab menjadi suatu simbol kekuatan dan juga komitmen.Inimenjadi tantangan bagi generasi muda untuk mematahkan dan menunjukkan bahwa stigma buruk terkaitjilbabitu salah.

“Harapan saya nantinya akansemakin banyak wisudawati UMY yang menjadi pemimpin di Indonesia dan mengenakan jilbab. Sebab di balik jilbab tersimpan segudang prestasi yang luar biasa,” kata guru besar bidang tanah ini.

Topik Menarik