Jusuf Hamka Siap Dampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024

Jusuf Hamka Siap Dampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024

Infografis | sindonews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 19:21
share

Politisi sekaligus pengusaha jalan tol, Jusuf Hamkamenyatakan kesiapannya mendampingi Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024.

Kesiapan tersebut disampaikan Jusuf Hamka seiring penunjukan dirinya oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju di ajang Pilgub Jabar 2024 mendampingi Dedi Mulyadi.

Menurut Jusuf Hamka, dirinya siap mengabdi kepada masyarakat Jabar jika Partai Golkar telah resmi menunjuk dirinya sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacagub) Jabar 2024. Terlebih, kata dia, urusan duniawinya sudah dianggap selesai.

Baca juga; KIM Berpotensi Usung Jusuf Hamka Cagub Jakarta 2024

"Saya harus siap kalau udah perintah partai, tetapi kan saya menjajaki apakah warga Jawa Barat menginginkan saya," ungkap Jusuf Hamka saat tiba di Stasiun Kereta Api Cepat Whoosh, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (10/8/2024).

“Saya pakai kunci Inggris ke mana saja bisa. Mau jadi apa aja juga bisa, hidup saya ibaratnya di dunia ini sudah selesai, tinggal ke mana aja pengabdian," beber Jusuf Hamka.

Jusuf Hamka menambahkan, salah satu bentuk nyata kesiapannya untuk maju Pilgub Jabar 2024, yakni kehadirannya di Bandung. Dia berencana untuk menyapa warga Jabar agar dirinya dapat diterima dan mendapat dukungan dari warga Jabar.

Kehadiran pria yang akrab disapa Babah Alun di Bandung itu disambut oleh Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa 1, sekaligus Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara. "Saya sudah tiba di Bandung," katanya.

Baca juga; Pengamat Nilai Jusuf Hamka Tidak Sepenuhnya Diterima oleh KIM

Lebih lanjut Jusuf Hamka mengatakan, jika kelak diberikan amanah untuk memimpin Jabar bersama Dedi Mulyadi, dirinya berjanji untuk menggenjot pembangunan insfrastruktur di Jabar. Terlebih, selama ini, Jusuf Hamka pun sudah membangun sejumlah ruas tol di Jabar.

"Jawa Barat luar biasa, 80 persen usaha saya semua di Jawa Barat. (Jalan Tol) Depok-Antasari saya bikin tembus dari Kota Depok sampai Antasari. Terus Bogor-Ringroad itu pun saya ikut partisipasi dengan Jasa Marga, Soreang-Pasirkoja yang dulu 20 tahun gak selesai-selesai dalam satu setengah tahun saya selesaikan," jelasnya.

"(Jalan Tol) Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) 62 kilometer anak bangsa yang bikin enggak ada orang asing. Desa-desa yang tadinya kita mau ke Sumedang, kurang lebih 4 jam kalau dari Bandung lewat Cadas Pangeran, sekarang dari Cileunyi hanya 20 menit," sambung dia.

Alih-alih menyatakan siap maju Pilgub Jabar 2024, namun dengan sikap rendah hatinya, Jusuf Hamka justru mendukung MQ Iswara untuk menjadi pendamping Dedi Mulyadi. Bahkan, dia menyebut, Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar itu pantas untuk maju menjadi Cawagub Jabar.

Baca juga; Biodata dan Agama Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Indonesia

"Saya nih sebenarnya yang nyalon seharusnya yang pantes, yakni Pak Iswara. Ini anak muda yang luar biasa, tapi karena perintah Ketua Umum saya diintruksikan menjajagi. Kalau saya ditanya siapa yang pantas, ini adinda (Iswara) yang pantas. Kita doain kalau saya gak jadi," kata Jusuf Hamka.

Bahkan, Jusuf Hamka siap menjadi penasehat jika MQ Iswara siap maju dan menjadi cawagub. "Andai kata beliau (MQ Iswara) yang dipilih saya juga support, saya akan menjadi penasehat beliau dan kita bangun infrastruktur. Terutama jalan tol- jalan tol yang gak jadi, Getaci sampai Cilacap kita buat, APBD kita genjot," tandasnya.

Meski begitu, MQ Iswara sendiri menyatakan, dirinya sudah mundur dari bursa pencalonan Wakil Gubernur Jabar dan siap mendukung Jusuf Hamka untuk maju dan mendampingi Dedi Mulyadi.

"Jadi saya sudah mundur dan alhamdulillah ketua umum kemarin sudah sama-sama kita simak menyebut nama Pak Jusuf Hamka untuk calon wakil gubernur di Jabar," kata Iswara.

Iswara menyebut, Jusuf Hamka merupakan pribadi muslim yang taat, berjiwa sosial tinggi, dan merupakan putra angkat dari ulama Indonesia terkenal Buya Hamka.

"Kita kenal Pak Jusuf Hamka tentunya seorang yang sangat punya jiwa sosial tinggi, dikenal dengan konglomerat jalan tol, konglomerat nasi bungkus. Beliau juga seorang muslim yang taat, putra angkat dari KH. Buya Hamka yang kita kenal. Jadi saya secara pribadi mendukung pak Jusuf Hamka," kata Iswara.

Topik Menarik