Urai Kemacetan, Pemprov Jabar Dorong Pembukaan Kembali Exit KM 149 dan 151 Tol Padaleunyi

Urai Kemacetan, Pemprov Jabar Dorong Pembukaan Kembali Exit KM 149 dan 151 Tol Padaleunyi

Infografis | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 20:20
share

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong pembukaan kembali Exit KM 149 dan Gerbang Tol (GT) KM 151 Jalan Tol Padalarang - Cileunyi (Padaleunyi) sebagai akses keluar masuk kawasan Gedebage.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Herman Suryatman menilai, kehadiran Exit TolKM 149 maupun GT KM 151 sangat strategis dalam mengatasi kemacetan di kawasan Gedebage yang semakin sibuk.

“KM 149 dan 151 ini sangat strategis dan akan kita akselerasi," ucap Herman saat melakukan cek lapangan, Selasa (2/7/2024).

Baca juga; Diduga Dampak Proyek Kereta Cepat, Tol Padaleunyi Kebanjiran

Menurut dia, kedua akses jalan tersebut dapat menjadi jalur andalan untuk masuk ke beberapa tempat penting.

Di antaranya Stadion GBLA, Masjid Al Jabbar, kawasan bisnis dan permukiman Summarecon, Stasiun Kereta Cepat Whoosh Tegalluar, serta beberapa titik keramaian di Bandung timur.

Untuk itu, Pemprov Jabar terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak khususnya Kemenko Marves, Kementerian PUPR, dan Jasa Marga. Langkah ini guna mendukung pemenuhan kelayakan operasional Exit Tol KM 149 dan GT KM 151 secara penuh.

Dengan dukungan berbagai pihak secara gotong royong, kata Herman, diharapkan pemanfaatan akses dari dan ke ruas tol Padaleunyi di kawasan Gedebage ini dapat secepatnya terealisasi.

Baca juga; Waduh, Penyangga Overpass Jembatan Tol Padaleunyi Retak Menganga

“Dengan bahu membahu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, insyaallah semua program pembangunan di Jawa Barat bisa terakselerasi,” ucapnya.

Herman berharap, percepatan operasional exit tol ini tidak hanya berimplikasi pada kelancaran arus lalu lintas, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

"Akses yang lebih baik akan memudahkan distribusi barang dan jasa, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut," imbuhnya.

Herman menyebut, percepatan pemanfaatan akses tol ini juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah (Kabupaten Bandung - Kota Bandung) yang sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan Jawa Barat.

“Dengan infrastruktur yang lebih baik, diharapkan kawasan Gedebage dapat berkembang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan sosial yang lebih dinamis," tandasnya.

Topik Menarik