Harga Maung Pindad, Mobil Dinas Baru untuk Kabinet Merah Putih?

Harga Maung Pindad, Mobil Dinas Baru untuk Kabinet Merah Putih?

Otomotif | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 21:02
share

JAKARTA, iNews.id - Harga Maung Pindad menjadi sorotan karena dikabarkan kendaraan ini akan menjadi mobil dinas para menteri dari Kabinet Merah Putih. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu mengungkapkan bahwa Presiden Prabowo Subianto berencana menyediakan mobil Maung buatan PT Pindad (Persero) sebagai kendaraan dinas bagi para menteri dan pejabat eselon 1 di pemerintahan saat ini.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Anggito dalam acara Puncak Dies Natalis Ke-15 dan Lustrum III Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) di UGM, Sleman, D.I Yogyakarta, pada Senin.

"Minggu depan saya akan pakai mobilnya Maung itu, mobilnya Pindad itu," kata Anggito.

Anggito menambahkan bahwa Presiden Prabowo berkeinginan menghapus penggunaan mobil impor sebagai kendaraan dinas dalam pemerintahannya.

"Pak Prabowo sudah bilang, minggu depan tidak ada lagi barang impor untuk mobil eselon 1 sama menteri, luar biasa," ujar Anggito.

Ia juga menjelaskan bahwa mobil Maung dirancang oleh Profesor Sigit Puji Santosa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yang menjabat sebagai Direktur PT Pindad, dengan komposisi 70 persen komponen dalam negeri.

Lantas, berapa harga Maung Pindad yang bakal menjadi mobil dinas para menteri?

Harga Maung Pindad

Direktur Utama Pindad Abraham Mose pada tahun lalu mengatakan, harga Maung Pindad versi sipil di bawah harga mobil SUV kenamaan di Indonesia.

Pada awal peluncuran Maung pada 2020, Pindad sempat menyebut harga unitnya sekitar Rp600 jutaan. Sementara versi sipil, tanpa perlengkapan militer dan dudukan senjata, diproyeksikan dijual seharga Rp400 juta hingga Rp500 jutaan.

Sementara jika para menteri menggunakan Maung Garuda seperti mobil dinas Presiden Prabowo, kemungkinan harganya akan jauh lebih mahal. 

Hal itu lantaran, spesifikasi dan fitur yang disematkan pada mobil tersebut di atas rata-rata dari Maung tipe taktis. 

Spesifikasi MV3 Garuda Limousine

MV3 Garuda Limousine, kendaraan resmi Presiden Prabowo Subianto, memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Dimensi: Panjang 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m.
  • Bobot: 2,95 ton.
  • Mesin: Daya 202 PS (199 HP), transmisi otomatis 8 percepatan.
  • Kecepatan maksimum: 100 km/jam.
  • Keamanan: Bodi dengan material composite armor tahan peluru kal. 7,62 mm dan 5,56 mm, kaca anti peluru level B5/B6, serta ban Run Flat Tyre (RFT) berukuran R21 yang tetap dapat melaju meski bocor.

Keunggulan Maung Garuda

Keunggulan utama Maung Garuda  dibandingkan mobil lainnya meliputi:

  • Keamanan Tinggi: Dibalut material komposit anti-peluru yang mampu menahan peluru kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm, serta dilengkapi kaca anti-peluru level B5/B6.
  • Desain dan Kenyamanan: Interior mewah dengan kursi captain seat, panel kontrol sentuh, dan fitur pijakan kaki otomatis.
  • Kemampuan Medan Sulit: Dirancang untuk menjelajahi berbagai medan, dengan ban Run Flat Tyre (RFT) yang tetap berfungsi meski bocor.
  • Kemandirian Nasional: Menggunakan 70 komponen lokal, mencerminkan dukungan terhadap industri otomotif dalam negeri.


Itulah penjelasan mengenai harga Maung Pindad. Hingga kini belum ada keterangan resmi dari PT Pindad selaku produsen mengenai harga resmi Maung Pindad khususnya tipe Garuda.

Topik Menarik