Mentan Beberkan Strategi untuk Capai Target Swasembada Pangan

Mentan Beberkan Strategi untuk Capai Target Swasembada Pangan

Ekonomi | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 14:54
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengaku telah memiliki sejumlah jurus agar target swasembada pangan bisa tercapai dalam waktu singkat. Adapun pihaknya akan melakukan dua metode, yakni intensifikasi dan ekstensifikasi.

Intensifikasi adalah upaya untuk memaksimalkan hasil pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada, sementara ekstensifikasi dilakukan dengan memperluas lahan pertanian.

Amran mengatakan, intensifikasi dilakukan melalui program pompanisasi dan pengadaan alat pertanian. Sedangkan ekstensifikasi dengan cetak sawah dan optimalisasi lahan rawa.

"Intensifikasi adalah (dilakukan) di Pulau Jawa, khususnya di Jawa. Karena produksi kita paling besar di Jawa. (Dengan cara) pompanisasi untuk tanah tak ada hujan, kemudian (pengadaan) alat mesin pertanian. Kemudian ekstensifikasi adalah cetak sawah dan optimalisasi lahan rawa," kata Amran dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (28/10/2024).

Dia menyampaikan, optimalisasi lahan rawa dan cetak sawah telah dilakukan di sejumlah daerah dan akan terus ditambah. Amran yakin, dengan cara ini Indonesia bisa mencapai swasembada pangan dalam waktu dekat

"Ekstensifikasi adalah cetak sawah dan optimalisasi lahan rawa. Itu ada 360.000 hektare, kemudian tahun depan minimal 350.000 hektare. Cetak sawah kita di Merauke ada 1 juta hektare, Kalimantan Tengah ada rencana 500.000 hektare," tuturnya.

"Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat (juga). Daerah sentra ini kita menjadi perhatian dan kawal khusus. Itu kalau semua tercapai insya Allah, swasembada kita capai," ucapnya.

Topik Menarik