Heboh Open Trip Berbayar ke IKN, per Orang Kena Berapa?

Heboh Open Trip Berbayar ke IKN, per Orang Kena Berapa?

Ekonomi | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 14:59
share

JAKARTA, iNews.id - Heboh di media sosial wisata open trip ke Ibu Kota Nusantara (IKN) berbayar. Padahal, pemerintah tak mengenakan tarif bagi masyarakat yang ingin berkunjung.

Berdasarkan pantauan iNews.id di TikTOk, terdapat open trip ke IKN dengan biaya sebesar Rp250.000 per orang. Adapun, titik poin penjemputannya dari Samarinda.

Berdasarkan flyer tersebut, dengan biaya tersebut pengunjung akan mendapatkan fasilitas antar jemput di lokasi titik poin menggunakan mobil hiace, termasuk biaya tol, air mineral, tiket parkir dan dokumentasi group.

Jadwal lokasi yang akan dikunjungi peserta open trip IKN adalah sebagai berikut:

1. Taman Kusuma Bangsa dan area sekitar
2. Lake View Samboja, Wahana Adventure
3. Makan siang di area resto Lake View IKN Samboja

Tak cuma itu, di media sosial X juga ada penawaran open trip IKN dengan harga Rp175.000 per orang. Biaya tersebut dari titik penjemputan Balikpapan menuju Bukit Bangkirai, dan dari Bukit Bangkirai ke IKN.

Di lokasi Bukit Bangkirai, peserta bisa diberikan free time untuk menikmati fasilitas. Adapun, tiket masuk Bukit Bangkirai Rp12.000 per orang dan Canopy Bridge Rp25.000 per orang.

Sementara itu, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw menjelaskan bahwa kunjungan ke IKN tidak dipungut biaya dan tidak dikomersilkan.

Troy pun meminta agar oknum yang menyelenggarakan kegiatan tersebut menghentikannya. Sebab, IKN merupakan milik semua masyarakat Indonesia.

"Hentikan praktik-praktik pihak yang membuat paket wisata berbayar ke KIPP di IKN. Ibu Kota Nusantara adalah milik semua warga, milik bangsa Indonesia bahkan akan menjadi kota dunia untuk semua. Mohon tidak mengambil keuntungan untuk hal-hal seperti ini," ucap dia dikutip iNews.id, Senin (28/10/2024).

Topik Menarik