Gaji CEO Microsoft Satya Nadella Naik 63 Persen Tahun Ini, Kantongi Rp1,24 Triliun

Gaji CEO Microsoft Satya Nadella Naik 63 Persen Tahun Ini, Kantongi Rp1,24 Triliun

Ekonomi | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 05:20
share

WASHINGTON, iNews.id - CEO Microsoft Satya Nadella akan mengantongi gaji sebesar 79,1 juta dolar AS atau setara Rp1,24 triliun pada tahun 2024. Angka ini meningkat 63 persen dibandingkan dengan kompensasi tahun sebelumnya.

Melansir BBC, kenaikan ini terjadi meski ada permintaan dari Nadella untuk mengurangi satu elemen paket gajinya karena kelemahan keamanan siber di raksasa teknologi itu, yang mengakibatkan dia menerima 5 juta dolar AS lebih sedikit dari yang seharusnya.

Seperti banyak perusahaan teknologi, Microsoft telah memangkas ribuan karyawannya pada tahun ini, termasuk di divisi game-nya.

Namun dalam pernyataan proksi yang diajukan ke regulator keuangan Amerika Serikat (AS), dewan mengatakan pendapatan perusahaan tumbuh sebesar 16 persen pada tahun hingga 30 Juni 2024.

"Nadella setuju bahwa kinerja perusahaan sangat kuat," tulis komite kompensasi Microsoft dalam surat kepada pemegang saham.

Salah satu serangan siber dilaporkan terjadi pada bulan Juli 2023 oleh Microsoft, di mana para peretas memperoleh akses ke akun email sekitar 25 organisasi, termasuk lembaga pemerintah.

Microsoft menyebut serangan itu berasal dari China, meskipun kedutaan besar China di London menyebutnya sebagai 'disinformasi'.

Periode fiskal berlangsung hingga 30 Juni 2024, hanya beberapa minggu sebelum pemadaman internet besar-besaran yang memengaruhi PC Microsoft Windows, yang menyebabkan kekacauan di seluruh dunia.

Meskipun itu bukan serangan siber, pada bulan Juli Microsoft meminta maaf atas pemadaman lain yang disebabkan oleh serangan siber.

Komite kompensasi mengatakan bahwa hal itu mengurangi gaji tunai Nadella lebih dari setengahnya, menjadi 5,2 juta dolar AS. Ini mewakili kurang dari 7 persen dari total gajinya. Sebagian besar gaji Nadella, 71,2 juta dolar AS, terdiri dari opsi saham.

Di tempat lain dalam teknologi besar, CEO Apple Tim Cook memperoleh 63,2 juta dolar AS pada tahun 2023, sementara CEO perusahaan paling berharga di dunia Nvidia, Jensen Huang, dibayar 34,2 juta dolar AS pada tahun fiskal 2024.

Tetapi tidak ada dari mereka yang mendekati bos Tesla Elon Musk, yang gajinya dapat mencapai 56 miliar dolar AS.

Topik Menarik