Kebakaran Ruko di Malang, 5 Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Api

Kebakaran Ruko di Malang, 5 Mobil Damkar Dikerahkan Padamkan Api

Terkini | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 13:16
share

MALANG, iNews.id - Kebakaran menghanguskan rumah toko (ruko) di jalan raya Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Senin (28/10/2024) pagi. Dugaan sementara, kebakaran ruko disebabkan aktivitas pemindahan bahan bakar minyak (BBM).

Peristiwa ini sempat membuat panik warga sekitar. Sebab ruko kosong yang terbakar berlokasi di kawasan permukiman padat penduduk.

Di samping itu, lokasi ruko juga tak jauh darı SPBU Tlogomas dan terdapat sebuah restoran, hotel berbintang serta sekolah Madrasah Aliyah Negeri.

Pantauan iNews di lokasi, terlihat lima unit mobil pemadam kebakaran (damkar) berada di lokasi kejadian. Api yang sempat membesar sekitar pukul 10.30 WIB berhasil dipadamkan. Petugas terlihat hanya melakukan aktivitas pembasahan di titik-titik api yang ada. 

Satu unit motor Yamaha Vixion tampak hangus terbakar. Kendaraan itu diduga menjadi bagian darı upaya pemindahan BBM ke drum-drum yang dijual kembali. 

Darno saksi mata mengatakan, lokasi kebakaran memang merupakan ruko kosong yang baru saja diperbaiki. Tapi ruko itu saat ini masih kosong dan belum ditempati selama setahun terakhir.

"Itu ruko kosong sudah satu tahun. Cuma setiap hari ada aktivitas pemindahan BBM di situ. Jadi beli BBM di SPBU, dipindahkan di situ," kata Darno, sekuriti kafe di sekitar TKP, Senin (28/10/2024).

Menurutnya, aktivitas pemindahan BBM itu terjadi setiap hari. Rata-rata ada empat pemuda yang keluar masuk ruko kosong dengan empat motor seperti biasanya.

"Kalau tadi pagi itu entah rokok atau apa, pokoknya ada kebakaran jam 10-an. Empat orang itu sering di situ. Aktivitas apa nggak tahu pokoknya sering hilir mudik, beli bensin di SPBU, dioper sini, sampai berapa jiriken, dibawa kemana, ada yang membawa," tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang Agoes Soebekti menuturkan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran di sebuah ruko darı warga pukul 10.00 WIB. Kemudian damkar langsung mendatangi lokasi dan melakukan proses pemadaman.

"Api sudah dipadamkan tidak sampai 10 menit, ini tinggal pendinginan saja. Kerugian masih menunggu penyelidikan kepolisian," kata Agoes Soebekti.

Agoes menambahkan, area terbakar sebanyak 10 x 12 meter bangunan ruko kosong. Di dalamnya terdapat drum-drum yang diduga menampung BBM, tapi tidak diketahui pemiliknya.

"Dalamnya kosong, ada drum-drum, pemiliknya tidak diketahui," ucapnya.

Saat ini polisi masih menyelidiki kebakaran ini. Petugas mengamankan satu orang yang sedang beraktivitas di ruko kosong itu. 

"Info awal dua orang, satu orang lari, yang satu bisa kita amankan. Kita masih mintai keterangan apa aktivitas di dalamnya," ujar Kapolsek Lowokwaru Kompol Anton Widodo.

Anton menuturkan, dugaan awal dan laporan warga memang di lokasi ruko kosong itu ada aktivitas mencurigakan pemindahan BBM. Tapi dia tak tahu pasti aktivitas tersebut karena masih dalam penyelidikan.

"Yang jelas itu bekas bengkel, keterkaitan orang ini di dalamnya apa, kita masih lakukan pemeriksaan, seberapa lama dan aktivitasnya apa, ada motor di situ kenapa, ada jirigen di situ kenapa, ini kita ambil keterangan dulu," ujar Anton.

Topik Menarik