13 Contoh Teks MC Pengajian yang Bisa Dijadikan Panduan

13 Contoh Teks MC Pengajian yang Bisa Dijadikan Panduan

Terkini | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 12:11
share

JAKARTA, iNews.id -  Contoh teks MC pengajian berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi. Khususnya bagi kamu yang dipercaya untuk memandu sebuah acara keagamaan. 


Pengajian merupakan salah satu media syiar untuk menyebarkan agama Islam. Agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ada seseorang yang ditunjuk sebagai Master of Ceremony atau MC.


Seorang pembawa acara dapat mempersiapkan diri sebelum memandu pengajian. Salah satu yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah teks MC.


Bagi kamu yang belum mendapatkan inspirasi, berikut contoh teks MC pengajian yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2024). 

Contoh Teks MC Pengajian

1. Contoh Teks MC Pengajian Tahlilan


Bismillaahirrahmaanirrahiim, alhamdulillaahilladzii khalaqalhayaata wal mauut, Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu wa rasuuluh. Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii ajma'iin. Ammaa ba'du. Almukarromun para 'alim ulama, para kiyai, bapak-bapak dan saudara-saudara jam'iyah tahlil yang dimulyakan Allah.


Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang menciptakan hidup dan mati. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw, pada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada umatnya hingga akhir zaman.


Kami atas nama shohibul bait Bp/Ibu. ......................... sekeluarga, menyampaikan terima kasih atas kehadirannya dalam acara Sambung Do'a bertepatan dengan ....... Hari meninggalnya:

Almarhum / mah ....................................


Untuk itu kami mohon bantuan barokah Fatihah, pembacaan surah Yasin, dan do'a Bapak-bapak dan saudara-saudara, mudah-mudahan barokahnya tercurahkan kepada kita semua khususnya kepada almarhum / mah ....................


Dengan harapan mudah-mudahan almarhum / mah senantiasa mendapatkan ampunan Allah, dijembarkan kuburnya, diterangkan kuburnya dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang beruntung dari umat nabi Muhammad saw.


Demikian pula semoga keluarga yang ditinggalkannya senantiasa diberikan kekuatan iman dan islam, diberikan kesabaran, ketabahan dan tetep tawakkal kepada Allah SWT.


Serta bagi kita semua, mudah-mudahan apa yang kita laksanakan bersama ini akan membuahkan rahmat dan nikmat fiddunya wal akhirah, aamiin yaa robbal 'alamiin.


Hadirin yang jam'iyah tahlil yang dimulyakan Allah, dalam pelaksanaan Sambung Do'a ini, kami susun acara-acara sbb:


Pembukaan

Tawassul

Pembacaan Surah Yaasiiin

Pelaksanaan Tahlil

Do'a

Penutup


Alhamdulillah usai sudah pelaksanaan Sambung Do'a ini mudah-mudahan senantiasa mendapatkan keridloan Allah SWT, kami atas nama shohibul bait menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Serta mohon ma'af atas segala kekurangan yang ada.


Billahittaufiq wal hidayah, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


2. Contoh Teks MC Pengajian Rutin


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum wa rohmatullahi wa barokatuh


Alhamdulillahi robbil alamiin, wassalatu wassalamu"alla asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina Muhammadadin, wa'alla alihi wa'ashobhihi ajma'ain.

Robbis shrohli shodri wa ya shirli amri wahlul uqdatammil lissaani

yafkohukauli, amma ba'du.


Yang terhormat bapak ustaz ........


Yang kami hormati ibu-ibu pengajian ahad pagi yang dirahmati Allah SWT.


Marilah kita senantiasa memanjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat, taufiq, hidayah dan inayahnya pada kita semua. Dimana hingga kini kita masih diberikan iman, Islam dan kesehatan sehingga pada pagi hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam pengajian rutin ahad pagi di Perumahan ......


Tak lupa pula sholawat dan salam, semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya yang mana beliau adalah nabi yang membawa syafaat Allah dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya pula di yaumil akhir. Aamiinn.


Perkenankan saya selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada pagi ini, sebagai berikut :


Pembukaan


Pembacaan ayat suci Al Qur'an

Sambutan dari Takmir Masjid Bapak .....

Tausiyah dan doa dari ustadz .....

Penutup


Bapak/Ibu marilah kita mulai pengajian pada pagi hari ini.


Acara yang pertama pembukaan. Marilah kita buka pengajian pada pagi ini dengan pembacaan bismillah.


Dilanjutkan acara yg kedua yaitu pembacaan ayat ayat suci Al-Qur'an surat (...) yang akan dibacakan oleh ibu Endah dan shalitilawah oleh ibu ......


Alhamdulillah alunan kalam ilahi telah beranjak dari pendengaran kita semoga Allah memberikan pahala bagi pembaca maupun yang mendengarkannya. Aamiin ya rabbal alamin.


Acara selanjutnya sambutan dari Takmir Masjid kepada ........ waktu dan

tempat kami persilahkan.


Alhamdulillah terima kasih kepada Harto untuk sambutannya.


Untuk selanjutnya acara ke empat adalah tausyiah yg akan disampaikan oleh ustaz ...........dan ditutup dengan doa.


Kepada ustaz ....... waktu dan tempat kami persilahkan.


Kami ucapkan terimakasih kepada ustaz ........... atas ilmu yg telah diberikan kepada kami semoga ini dapat menambah rasa cinta dan taqwa kita pada Allah SWT.


Kesimpulan inti pengajian: yang bertemakan (...)


Tibalah di penghujung acara. Kami petugas pengajian pada pagi hari ini mengucapkan mohon maaf apabila ada tutur kata yang tidak pas, kalimat yang tidak bermanfaat atau ucapan yg kurang berkenan di hati ibu-ibu yang kami hormati.


Marilah acara pengajian pada siang hari ini kita tutup dengan bacaan hamdalah (Alhamdulillah hi robbil alamin)


Wabillahi taufiq wal hidayah...


Wassalamuallaikum warrahmatullohi wa barakatuh.


3. Contoh Teks MC Pengajian Formal


Assalamualaikum Wr.Wb


Kepada yang terhormat ustaz Muhammad Halim, ketua majelis taklim, panitia pengurus masjid, dan para hadirin yang saya hormati.


Sebagai umat muslim, marilah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang memberikan limpahan ramhat dan hidayah-Nya sehingga pada sore hari ini kita diizinkan untuk berkumpul dalam acara pengajian akbar tanpa adanya halangan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai bekal kehidupan di dunia dan juga di akhirat nanti.


Hadirin yang saya hormati,


Saya selaku pembawa acara, izinkan untuk membacakan susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini, sebagai berikut:


a. Pembukaan

b. Pembacaan surat Al-Baqarah oleh Nanda

c. Sambutan dari pemimpin pengajian yaitu bapak Aswar

d. Pengajian akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Halim

e. Doa

f. Demikian beberapa serangkaian acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara berikutnya, marilah kita membaca Basmalah bersama-sama.


Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an


Acara kedua akan diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan akan dibacakan oleh saudara Nanda, kami persilakan. Terima kasih kepada saudara Nanda yang sudah membacakan ayat suci Al-Qur'an. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah untuk kita semua, terutama bagi yang membacakannya.


Sambutan dari Pimpinan Pengajian


Sebelum masuk ke acara inti, mari kita dengarkan sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian, kepada Bapak Aswar, kami persilakan.


Inti Acara

Kita akhirnya sampai di acara inti, ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustaz Muhammad Halim. Kepada Ustaz Halim yang kami hormati, kami persilakan.


Doa

Akhirnya kita sampai di penghujung acara, yaitu berdoa bersama dan akan dipimpin langsung oleh ustaz Halim. Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara jika terdapat salah kata ataupun sikap yang tidak berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Kepada ustaz Halim untuk memimpin doa bersama, kami persilakan, dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian sore hari ini. Wassalamualaikum Wr.Wb


4. Contoh Teks MC Pengajian Singkat


Assalamualaikum Wr.Wb


Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan, berupa nikmat sehat, nikmat rezeki hingga kesenggangan waktu.


Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad karena karunianya kita dapat berkumpul ditempat yang penuh berkah ini guna mendengarkan nasihat agama tentang tanda-tanda hari kiamat yang akan dibawakan oleh ustaz Arifin.


Sebelum kita memasuki acara inti pada hari ini, marilah bersama-sama kita membaca basmalah dan dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah. Semoga niat baik kita hari ini dapat berjalan dengan lancar.


Selanjutnya izinkan saya membacakan susunan acara pada hari ini. Pertama, pembukaan oleh MC, yaitu saya sendiri. Kedua, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Yusuf. Ketiga, ceramah aqidah oleh ustadz Arifin dan dilanjut dengan doa penutup.


Itulah susunan acara kita pada hari ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada ustaz Arifin selaku pembawa ceramah dan juga kepada hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri pengajian kali ini.


Wassalamualaikum Wr.Wb


5. Contoh Teks MC Pengajian Aqiqah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu ala asrofil anbiyaa-i wal mursalin, nabiyyina wa-habiibina Muhammadin wa'ala alihi washohbihi ajma'in amma ba'du.


Yang Kami hormati (sebutkan)


Yang Kami hormati Bapak Ibu jamaah rohimakumullah


Puji dan syukur marilah Kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Kita dapat hadir pada acara pengajian tasyakur aqiqoh dikediaman keluarga Bapak (sebutkan).


Semoga keberadaan Kita akan menambah ilmu dan amal serta mendapatkan keridhaan dari Allah SWT, shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan atas suri tauladan Kita Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dan semoga Kita termasuk umat yang akan mendapatkan syafaat di yaumil qiyamah nanti amin ya robbal alamin.


Bapak dan Ibu jamaah yang dirahmati Allah ijinkanlah Saya membacakan susunan acara pengajian pada hari ini yang diawali dengan:


1. Pembukaan

2. Sambutan shohibul bait

3. Pembacaan Ar-Rahman, Yasin dan Tahlil lalu

4. Pembacaan sholawat dan Maulid Nabi

5. Tausiyah dan doa penutup


Demikianlah susunan acara pengajian pada hari ini selanjutnya marilah Kita awali taklim Kita dengan membaca ummul quran surah Al-Fatihah agar acaranya berjalan dengan lancar dan mendapatkan keridhaan dari Allah SWT.


Terima kasih Kami haturkan kepada Bapak/Ibu yang telah menyampaikan sambutannya, acara berikutnya adalah pembacaan surah Ar-Rahman, Yasin, dan Tahlil yang akan dipimpin oleh (sebutkan), kepadanya Kami persilahkan.


Terima kasih kami ucapkan kepada ustaz atau ustazah yang telah memimpin pembacaan Ar-Rahman, Yasin, dan Tahlil, selanjutnya marilah Kita sama-sama mendengarkan lantunan shalawat dan pembacaan riwayat Maulid Nabi yang akan dipimpin oleh (sebutkan), kepadanya Kami persilahkan.


Terima kasih kami ucapkan kepada yang telah memimpin pembacaan shalawat dan riwayat Maulid Nabi Muhammad SAW semoga kelak Kita akan mendapatkan syafaat dari beliau di yaumil qiyamah kelak amin ya robbal alamin.


Bapak Ibu jamaah yang dirahmati Allah agar acara aqiqoh ini lebih bermakna marilah Kita mendengarkan tausiyah yang akan disampaikan oleh guru kita, kepada (sebutkan) kami persilahkan.


Alhamdulillah kita telah sama-sama mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh guru kita

dan sekaligus ditutup dengan doa, semoga apa yang beliau sampaikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat diamalkan oleh Kita semua.


Bapak Ibu jamaah yang kami muliakan sampailah kita di penghujung acara pengajian tasyakuran aqiqah ini, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan segala perhatiannya.


Semoga Allah meridhoi amalan Kita semua dan semoga Allah menerima aqiqah ananda (sebutkan) dan harapan keluarga Bapak agar ananda (sebutkan) dapat tumbuh sehat menjadi putra/putri yang sholeh atau sholehah berbakti kepada kedua orang tua diijabah oleh Allah SWT amin ya robbal alamin.


Akhirnya saya selaku pembawa acara apabila terdapat kekurangan serta tutur kata yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya.


Wa billahitaufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


6. Contoh Teks MC Pengajian Tabligh Akbar


Bismillaahirrahmaanirrahiim,


Assalamualaikum Wr. Wb


Kepada saudara terhormat Bapak Muhammad Jaya,


Ketua pengurus masjid, para panitia dan hadirin yang kami hormati.


Sebelum mengawali acara pagi ini, mari panjatkan syukur sebesar-besarnya atas ke hadirat Allah Swt. Berkat-Nya, kita semua dapat menghadiri majlis taklim di pagi hari ini untuk memperoleh ilmu barokah dan bermanfaat. Semoga para hadirin yang berbahagia dan kita semua selalu diberikan kesehatan agar tidak ada halangan untuk mengejar ilmu-Nya.


Para hadirin yang dirahmati Allah,


Saya hadir sebagai pembawa acara sehingga izinkanlah untuk membaca rangkaian pengajian akbar pagi hari ini dengan tema "Takdir dan Nasib". Berikut susunan pengajian berdurasi dua jam, dimulai pukul 5-7 pagi:


Pembukaan acara pengajian.

Pelafalan ayat suci Al-Qur'an oleh ananda Yusmita.

Sambutan dari Bpk. Muhammad Jawa sebagai ketua pengurus masjid Al-Karomah.

Acara inti, yakni pengajian yang akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Bustomi mukarrom.

Pembacaan doa.


Demikian susunan acara pengajian di pagi yang cerah ini semoga berkah terlimpahkan.


Untuk mengawali acara, mari kita semua yang hadir di majlis membaca basmallah terlebih dahulu bersama-sama.


- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an


Acara kedua, yakni diisi pembacaan ayat suci yang akan dibacakan oleh Ananda Yusmita Faraiza, anggota remaja masjid, tempat dan waktunya kami persilakan.


(Setelah pembacaan ayat suci)


Terima kasih atas pembacaan ayat suci yang merdu dan mampu menenangkan hadirin yang ada di sini, semoga berkah makin berlimpah untuk kita semua.


- Sambutan Ketua


Sebentar lagi kita akan memasuki inti acara yang paling ditunggu, tetapi sebelumnya mari kita dengar sambutan ketua pengurus masjid. Kepada Bapak Muhammad Jaya, kami persilakan.


- Inti Acara


Akhirnya sampai di acara inti yang paling ditunggu, yakni ceramah bertema Nasib dan Takdir yang disampaikan oleh Pak Ustadz Muhammad Bustomi, yang kami hormati. Silakan kepada beliau, kami persilakan.


- Penutup dan Doa


Kita sampai di penghujung acara setelah mendengarkan ceramah sekaligus doa yang bermanfaat dari Ustad Bustomi. Saya ucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya jika ada salah dan kurang yang kurang berkenan. Mari kita akhiri ceramah pagi ini dengan ucapan hamdalah bersama, semoga kita berkesempatan untuk bertemu lagi.


Wassalamualaikum wr. wb.


7. Contoh Teks MC Pengajian Bulanan


Assalamualaikum Wr.Wb


Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, wabihi nasta'inu 'alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu 'alaa asyrofil mursaliin, wa 'alaa aalihi wa sohbihi ajma'iin. Amma ba'du.


Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang dengan segala karunianya yang masih memberikan kita nikmat iman, islam dan ikhsan sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di acara spesial yang sudah kita tunggu-tunggu ini.


Yang kedua marilah kita ucapkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.


Selamat datang dalam kajian bulanan majelis taklim Annur pada bulan Agustus 2023, hari Ahad yang berbahagia ini. Bersama saya Siti Aminah yang akan memandu majelis taklim ini yang bertajuk "Cara Menasehati Anak Zaman Sekarang".


Sebelum kita melangkah pada inti acara, alangkah baiknya kita memulai majelis taklim ini dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh ukhti Munirah.


Semoga pembacaan tilawah tadi membawa berkah untuk kita semua. Selanjutnya mari kita dengarkan uztazah Ramlah untuk memberikan sesi tausiahnya kepada kita semua.


Itulah tadi tausiah yang dibawakan uztazah Ramlah, terima kasih untuk uztazah. Selanjutnya kita beranjak pada acara terakhir yaitu pembacaan doa oleh Ibu Fatma, dengan hormat saya persilakan.


Baik, demikianlah kajian bulanan majelis taklim Annur pada bulan ini, semoga apa yang kita

lakukan pagi ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Saya Siti Aminah pamit undur diri,


Wassalamualaikum Wr. Wb


8. Contoh teks MC Pengajian Menjelang Pernikahan


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami berkumpul di sini untuk merayakan ikatan suci antara dua insan yang saling mencintai. Dalam ayat suci Al-Quran, Allah berfirman: "Dan diantara kekuasaan-Nya ialah diciptakan-Nya untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang." (QS. Ar-Rum, 30:21)


Perkenalkan saya Maudy, izinkan saya memandu acara pengajian pada sore hari ini. Pertama puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan kenikmatan dan keberkahan yang berlimpah. Baik itu nikmat sehat, nikmat rezeki, serta nikmat kesempatan yang tak terhitung jumlahnya.


Sehingga kita dalam keadaan sehat, dapat hadir di kediaman bapak Samsul

dalam acara pengajian menjelang pernikahan Ananda .... dengan .... yang Insya Allah akan melangsungkan pernikahannya esok hari.


Sholawat dan Salam tak lupa kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, nabi yang telah membawa kita dari dunia yang penuh kemusyrikan, dan kekejaman menuju dunia yang penuh dengan cahaya Islam yang insya Allah akan mencerahkan kita dalam kehidupan.


Saya mewakili keluarga besar calon mempelai wanita menyampaikan rasa hormat dan ungkapan banyak terima kasih atas kehadiran bapak/ibu dan seluruh tamu undangan yang hadir pada sore hari ini.

Selanjutnya, saya akan membacakan beberapa susunan acara pengajian sore hari ini, yaitu:


Pembukaan


Pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan oleh Uztaz Akbar Ali

Ceramah nasihat pernikahan yang akan dibawakan oleh uztaz Adi Hidayat

Permohonan doa restu dari calon pengantin wanita kepada kedua orang tua

Pembacaan doa oleh uztazah Ramlah


Itulah tadi rangkaian acara pada sore ini, mari kita doakan agar pernikahan ini diberkahi dan menjadi awal yang baik dalam membangun keluarga yang bahagia dan penuh keberkahan. Semoga kita dapat menunaikan amanah-amanah yang sudah disampaikan oleh beliau dalam mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. '


Wassalamualaikum Wr. Wb


9. Contoh Teks MC Pengajian Isra Miraj


Assalamu' Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Alhamdulillahi Robbilalamin wabihi nasta'in waala umuriddunya wad din Wa sallallahu ala Sayyidinaa Muhammadin waala aalihi washahbihi ajmain.


Selamat pagi/siang/sore teman-teman, serta hadirin yang saya hormati. Hadirin sekalian, pertama marilah memanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karena berkat hidayah, berkah, dan nikmatnyalah kita bisa berkumpul di tempat ini. Kemudian tak lupa untuk senantiasa memanjatkan shalawat serta salam pada Nabi Muhammad SAW.


Kita berkumpul pada hari ini untuk merayakan Isra Miraj, perjalanan luar biasa Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsha dan kelangit. Mari kita sama-sama mengenang dan memuliakan peristiwa besar ini.


Sebelum melangkah pada acara selanjutnya, marilah kita buka acara pengajian hari ini dengan mengucapkan bismillah.


Bismillahirrohmanirrohim.


Hadirin yang saya hormati berikut ini merupakan susunan acara Isra Miraj hari ini:


1. Pembukaan

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur'an

3. Sambutan oleh ketua pelaksana

4. Penampilan

5. Ceramah oleh ...........

6. Penampilan

7. Amanah oleh ...........

8. Doa

9. Penutup


Demikian rangkaian acara Isra Miraj yang telah kita laksanakan dari ini. Semoga menjadi hikmah dan teladan untuk kita semua.


Saya ...... selaku MC hari ini, mohon undur diri kepada hadirin sekalian.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


10. Contoh Teks MC Pengajian Akbar


Pembukaan:


Bismillah


Assalamualaikum Wr.Wb


اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ


Yang saya hormati bapak ustadz Abdul Somad, Pengurus Pondok Pesantren Al-Ikhlas

Yang saya hormati kepada seluruh panitia pengajian akbar

Serta para murid dan hadirin-hadirin semua yang saya sayangi.


Sebagai umat muslim yang dimuliakan Allah Swt., pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Pada kesempatan sore hari ini kita masih dapat berkumpul dalam menghadiri acara pengajian Akbar dengan keadaan sehat Walafiat. Aamiin Ya Robal Alamiin.


Hadirin yang saya hormati


Saya selaku pembawa acara sore ini, maka izinkanlah saya untuk membacakan susunan-susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini.


Acara yang pertama:


Pembukaan

Pembacaan surat Al-Baqoroh yang akan dibacakan oleh ustaz Ali

Sambutan dari pemimpin pengajian akan disampaikan oleh bapak Aswar

Acara Pengajian akan dibawakan oleh Ustaz Muhammad Halim

Doa, penutup


Demikianlah susunan-susunan acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara sesi selanjutnya, marilah kita buka acara sore ini dengan membaca Basmalah bersama-sama.

Pembacaan Ayat Suci Alquran:


Acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci Al-Quran oleh ustaz Abdullah, waktu dan tempat kami persilakan.


Terimakasih kepada ustaz Abdullah yang telah membacakan ayat suci Alquran. Semoga Allah senantiasa memberikan pahala yang berlimpah kepada kita semua, terutama bagi ustaz Syarifudin


Sambutan dari Pimpinan Pengajian:


Sebelum masuk ke sesi acara inti, marilah kita dengarkan dengan seksama sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian sore hari ini, kepada bapak Aswar, waktu dan tempat kami persilakan.


Acara inti:


Akhirnya waktu yang kita tunggu sampai di acara inti, yakni ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustaz Muhammad Halim. Kepada ustaz Muhammad Halim yang kami muliakan dan kami hormati, waktu dan tempat kami persilakan.


Doa:


Akhirnya sampai pada penghujung acara pengajian hari ini yakni berdoa bersama yang akan dipimpin oleh beliau Ustaz Muhammad Halim.


Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara pengajian akbar sore hari ini tutur kata jika terdapat salah kata ataupun sikap yang kurang berkenan di hati bapak, ibu, dan sekalian adek-adek, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.


Kepada ustaz Muhammad Halim untuk memimpin doa bersama, waktu dan tempat kami persilakan dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian akbar sore hari ini.


Wassalamualaikum Wr.Wb


11. Contoh Teks MC Pengajian Buka Puasa Bersama di Sekolah


Bismillah


Assalamualaikum Wr.Wb


Yang terhormat Dr. Ahmad Faizal, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Makassar

Yang saya hormati seluruh guru SMAN 1 Makassar beserta jajarannya

Serta tidak lupa teman-teman dan alumnus SMAN 1 Makassar yang berbahagia

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa selalu mencurahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga kita semua bisa hadir kembali di sekolah tercinta kita ini guna melaksanakan buka puasa bersama.


Semoga dari acara kali ini dapat dijadikan sebagai acara rutin tahunan yang penuh berkah dan penuh kebahagiaan. Sebagai umatnya semoga kita selalu dapat diberikan sebuah istiqomah dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.


Hadirin rahimakumullah, sebelum kita memasuki acara pengajian dalam rangka buka puasa bersama ini, maka saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan-susunan acara pengajian hari ini.


Pembukaan

Pembacaan lantunan Ayat-Ayat Suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara Ibrahim

Sambutan ketua pelaksana acara pengajian buka puasa bersama

Sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Makassar

Masuk sesi inti yakni Ceramah yang akan dibawakan oleh Ustaz Abdul Rahman S.Ag

Doa bersama yang akan di pimpin oleh Ustaz Riza Muhammad

Penutup


Akhirnya sampailah kita penghujung acara buka puasa bersama pada hari ini. Semoga dari diadakannya acara buka puasa bersama pada kali ini, dapat menghubungkan tali silaturrahmi sesama umat muslim menjadi lebih erat lagi.


Saya selaku pembawa acara pengajian buka puasa bersama ini, mohon undur diri dan mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan.


Demikian acara hari ini, atas nama panitia buka puasa bersama SMAN 1 Makassar, kami ucapkan minal aidizn wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, sekian.


Wassalamualaikum Wr.Wb


12. Contoh Teks MC Pengajian Maulid Nabi


Bismillah


Assalamualaikum Wr. Wb


اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ


Yang saya hormati romo bapak kyai haji Muhlis selaku pembawa tausiyah

Yang saya hormati Bapak Nur Hidayat selaku kepala desa boja

Yang saya hormati jajaran-jajaran ketua panitia penyelenggara pengajian Maulid Nabi

Serta yang saya hormarti para hadirin-hadirin yang berbahagia.

Sebagai umat islam yang dimuliakan, yang pertama marilah kita jaga hati kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang selalu diberikan oleh Allah SWT.


Sehingga pada pengajian kali ini kita dapat menghadiri acara pengajian Maulid Nabi, dengan keadaan yang sehat dan tanpa ada suatu halangan apa pun.


Dan tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kapada nabi kita yakni Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, yang sebagaimana sudah berjuang membawa agama Islam kita menjadi agama yang penuh kemulyaan, dan semoga kita juga bisa mendapatkan syafaatnya di kelak di yaumil qiyamah nanti Amiin Ya Robbal Alamin.


Saya selaku pembawa acara di acara pengajian Maulid Nabi di hari ini, maka langsung saja saya akan membacakan susunan-susunan acaranya. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut.


Yang pertama:


Pembukaan

Pembacaan surat Al-mulk

Pembacaan sholawat nabi yang akan di pandu oleh saudara Abbas

Sambutan pertama yang akan disampaikan oleh bapak kepala desa

Sambutan kedua yang akan disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara

Ceramah yang akan dibawakan oleh bapak kyai haji Muhlis

Doa bersama

Pengumuman

Penutup


Para hadirin-hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT, demikianlah susunan-susunan acara pengajian sekolah hari ini.


Semoga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Amiin, Amiin Ya Robbal Alamin.


Wassalamualaikum Wr.Wb


13. Contoh Teks MC Pengajian TPA


Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Yang terhormat para hadirin yang kami muliakan, Tuan Guru yang kami hormati, Dan seluruh jama'ah TPA yang kami cintai.


Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di sini dalam rangka pengajian di Taman Pendidikan Al-Qur'an. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.


Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita mendengarkan dengan penuh khidmat dan khusyu' bacaan suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh salah satu santri kita.


[Santri membaca beberapa ayat Al-Qur'an dengan tartil dan tajwid yang baik]


Marilah kita semua mengambil pelajaran dan hikmah dari ayat-ayat suci yang telah kita dengarkan. Semoga kita dapat mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.


Selanjutnya, mari kita sambut dengan hangat Tuan Guru yang akan memberikan pelajaran agama pada acara pengajian kali ini. Beliau merupakan sosok yang telah berdedikasi dalam mendidik dan membimbing kita semua dalam memahami agama dengan lebih baik.


[Tuan Guru memberikan pelajaran agama dengan topik tertentu]


Terima kasih kepada Tuan Guru atas bimbingan dan ilmu yang telah diberikan. Semoga ilmu yang kita peroleh hari ini menjadi cahaya yang menerangi langkah kita dalam menjalani kehidupan.


Tak lupa, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk menyiapkan acara pengajian ini dengan baik.


Sebelum kita akhiri acara ini, mari kita tutup dengan doa bersama.


[Doa bersama]


Sekali lagi, terima kasih kepada semua yang telah hadir di acara pengajian TPA ini. Semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dan rahmat dari Allah SWT. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Itulah ulasan mengenai contoh teks MC pengajian. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik