Herve Renard Kembali Ditunjuk Latih Timnas Arab Saudi

Herve Renard Kembali Ditunjuk Latih Timnas Arab Saudi

Olahraga | inews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 07:33
share

RIYADH, iNews.id - Herve Renard resmi kembali ditunjuk melatih Timnas Arab Saudi. Juru taktik Prancis itu menggantikan peran Roberto Mancini yang dipecat.

"Saya kembali," kata Renard dalam sebuah video media sosial yang diunggah oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Ini akan menjadi periode kedua bagi Renard menangani Timnas Arab Saudi. Sebalumnya dia menduduki kursi pelatih tim berjuluk Green Falcons itu pada 2019-2023.

Dia pula yang memimpin Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022. Tapi Renard meninggalkan jabatannya pada bulan Maret tahun lalu untuk mengambil alih Timnas Putri Prancis.

Pria berusia 56 tahun itu mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan Agustus setelah Timnas Putri Prancis tersingkir di perempat final oleh Brasil di Olimpiade Paris 2024

Mancini mengambil alih jabatan Renard sebagai pelatih Arab Saudi. Tetapi kontraknya berakhir setelah 14 bulan karena hasil yang buruk, termasuk ditahan imbang 1-1 oleh Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kini Renard pun kembali.

"Saya tidak bermaksud meninggalkan (Saudi). Tetapi ketika negara Anda mengetuk pintu Anda, Anda harus menanggapinya," kata Renard dalam video tersebut.

“Hubungan saya dengan Saudi, para penggemar, para pemain, dan semua kenangan tidak akan pernah saya lupakan. Saya tidak menyelesaikan kisah saya dengan Saudi," ujarnya.

Kontrak Renard akan berlangsung hingga akhir tahun 2025 dengan opsi perpanjangan hingga Piala Asia 2027, yang akan diselenggarakan di Arab Saudi untuk pertama kalinya.

Pertandingan pertama Renard setelah kembali bertugas adalah melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel digelar di Melbourne pada 14 November 2024.

Topik Menarik