Potret Menlu RI Sugiono Ngobrol Serius dengan Menlu Sergei Lavrov di Sela KTT BRICS

Potret Menlu RI Sugiono Ngobrol Serius dengan Menlu Sergei Lavrov di Sela KTT BRICS

Terkini | inews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 06:25
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono berbicara dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov, di sela KTT BRICS di Kazan, Kamis (24/10/2024). Sugiono melakukan lawatan luar negeri perdananya itu sehari setelah dilantik sebagai menlu oleh Presiden Prabowo Subianto pada Senin lalu.

"Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Sugiono bertemu di sela-sela KTT BRICS di Kazan," bunyi pernyataan Kedubes Rusia di Jakarta.

Dalam foto yang dirilis Kedubes Rusia di akun Instagram, tampak Sugiono dan Lavrov berbicara serius di salah satu sudut ruangan utama pertemuan BRICS. Kedubes Rusia tak menjelaskan materi pembicaraan keduanya.

Selain itu Sugiono melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat negara lain seperti Thailand dan India.

KTT BRICS diadakan di Kazan dari 22-24 Oktober, dengan partisipasi kepala negara, serta perwakilan beberapa organisasi internasional. BRICS merupakan asosiasi antarpemerintah yang dibentuk pada 2006.

Tahun ini Rusia menjabat sebagai kepala presidensi yang ditentukan secara bergilir. Tahun tersebut diawali dengan bergabungnya anggota baru ke dalam asosiasi tersebut.

Selain Rusia, Brasil, India, China, dan Afrika Selatan, kini asosiasi tersebut juga mencakup Mesir, Ethiopia, Iran, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi, menurut situs web Kepemimpinan Rusia di BRICS 2024.

Laporan media menyebutkan Arab Saudi belum meresmikan keikutsertaannya, namun telah mengambil bagian dalam pertemuan BRICS.

Topik Menarik