9 Tips Liburan Akhir Tahun yang Simpel ke Destinasi Impian, Traveler Harus Tahu Ini!

9 Tips Liburan Akhir Tahun yang Simpel ke Destinasi Impian, Traveler Harus Tahu Ini!

Travel | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:49
share

JAKARTA, iNews.id - Memilih destinasi impian untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun sebaiknya sudah disiapkan sejak dini. Anda bisa membeli liburan ke destinasi domestik atau luar negeri, bisa disesuaikan dengan budget.

Perlu diketahui, travelling merupakan aktivitas bepergian yang diminati banyak wisatawan. Saat melakukan travelling, Anda dapat menjelajahi berbagai destinasi, bertemu budaya baru, mencoba makanan lokal, dan sering kali mendapatkan pengalaman baru yang memperkaya hidup.

Travelling juga bisa dilakukan dalam berbagai cara, seperti perjalanan domestik, internasional, backpacking, tur kelompok, atau solo traveling. Maka itu, momen liburan kali ini harus dimanfaatkan untuk melepas penat, dan penting mempersiapkan barang-barang yang sesuai agar perjalanan berjalan lancar. 

Kali ini, jika sudah menyiapkan destinasi impian yang akan dituju, Anda harus menyiapkan daftar apa saja yang harus dikemas untuk dibawa. Catat! Ini perlengkapan yang harus dibawa, dirangkum pada Rabu (23/10/2024).

1. Dokumen penting

Dokumen penting (Foto: your fire shoes)
Dokumen penting (Foto: your fire shoes)

Jika Anda memutuskan berlibur menggunakan transportasi pesawat atau kereta pastikan memiliki salinan cetak dan digital untuk paspor dan visa. Cek masa berlaku paspor minimal 6 bulan sebelum keberangkatan. Dokumen penting lainnya ada kartu identitas (KTP/SIM). Penting untuk keperluan check-in hotel atau keperluan darurat. Anda juga harus menyiapkan salinan fisik atau aplikasi asuransi perjalanan untuk perlindungan.

2. Perlengkapan teknologi

Ponsel dan charger merupakan alat penting lainnya yang tidak boleh terlewat. Jangan lupa membawa powerbank dengan kapasitas minimal 10.000mAh. Kemudian, siapkan adaptor universal. Jika bepergian ke luar negeri, penting untuk menyesuaikan dengan tipe colokan yang berbeda. Perlengkapan lainnya ada kamera untuk mengabadikan momen. Bawa juga baterai cadangan dan memory card ekstra. Earphone atau headset juga sangat dibutuhkan untuk hiburan selama perjalanan.

3. Pakaian dan aksesori

Siapkan pakaian sesuai cuaca. Periksa kondisi cuaca di destinasi tujuan (jaket tebal untuk destinasi dingin, atau pakaian ringan untuk daerah tropis). Anda juga bisa menyiapkan pakaian berlapis. Gunakan layering untuk mudah menyesuaikan dengan suhu. Bawa sepatu jalan kaki yang nyaman dan sandal jika ke daerah pantai. Jangan lewatkan untuk membawa kacamata hitam, topi, syal, atau sarung tangan jika diperlukan.

4. Perlengkapan kesehatan dan kebersihan

Perlengkapan kesehatan juga penting. Anda bisa membawa obat rutin dan peralatan P3K dasar seperti plester, antiseptik, dan pereda nyeri. Masker dan hand sanitizer juga dibutuhkan untuk menjaga kebersihan diri selama perjalanan. Jangan lewatkan untuk membawa sunscreen dan lip balm untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga kelembapan kulit.

5. Toiletries

Perlengkapan mandi (Foto: CNN)
Perlengkapan mandi (Foto: CNN)

Perlengkapan mandi pribadi seperti sampo, sabun, sikat gigi, dan pasta gigi dalam ukuran travel-friendly bisa Anda bawa. Handuk kecil juga bermanfaat untuk perjalanan singkat atau berkemah.

6. Uang tunai dan kartu pembayaran

Uang tunai lokal penting jika Anda bepergian ke tempat yang minim akses ATM. Kartu kredit atau debit juga bisa dibawa. Pastikan kartu internasional sudah diaktifkan jika bepergian ke luar negeri. 

7. Perlengkapan hiburan dan buku

Buku atau e-reader untuk mengisi waktu luang di perjalanan. Anda bisa juga membawa game portabel atau tablet. Jika membawa anak-anak, perangkat hiburan bisa sangat membantu.

8. Koper praktis

Tas selempang atau ransel kecil bermanfaat untuk membawa barang-barang penting saat bepergian. Anda juga bisa menyiapkan koper atau ransel besar. Pilih sesuai kebutuhan dan durasi liburan. Ya, koper menjadi barang paling penting untuk diperhatikan saat melakukan perjalanan wisata. Sebaiknya memilih koper serbaguna yang bisa menyimpan baju, dokumen, dan perlengkapan penting lainnya. Anda bisa memilih koper expandable polycarbonate yang memiliki inovasi cerdas. "Liburan impian bisa terganggu dengan permasalahan overpacking, terutama saat mengunjungi berbagai destinasi dengan cuaca yang berbeda. Kebutuhan untuk membawa banyak ragam pakaian pastinya akan memberatkan Anda sebelum perjalanan dimulai," kata Billy Adi Wijaya, selaku Founder Baller Indonesia.

Traveler bisa menggunakan koper expandable polycarbonate dari Baller yang memiliki fitur ekspansi terbesar di kelasnya, dan dilengkapi dengan kompartemen serta fitur penunjang lain. 

Billy menjelaskan, koper ini dilengkapi dengan fitur ekspansi hingga 5 cm, ukuran ekspansi terbesar dibandingkan koper lain. Lebih ringan dan tangguh, terbuat dari bahan polycarbonate dengan finish glossy yang namun kuat, sehingga tahan banting dan cocok untuk segala jenis perjalanan. "Roda 360 derajat yang halus dan senyap memastikan mobilitas lancar saat di bandara atau jalanan berbatu. Ditambah dengan port USB yang bisa dilepas pasang untuk ukuran carry-on, memungkinkan Anda mengisi daya perangkat elektronik saat menunggu penerbangan," kata Billy.

 "Anda tidak perlu khawatir tentang overpacking. Setiap perjalanan akan terasa lebih praktis, nyaman, dan stylish. Persiapkan liburan Anda dengan baik dan nikmati setiap perjalanan,” tuturnya.

9. Perlengkapan Khusus

Perlengkapan outdoor (jika dibutuhkan). Anda bisa membawa sleeping bag atau tenda jika berencana camping. Alat snorkeling atau trekking bermanfaat jika berkunjung ke destinasi yang menawarkan petualangan alam.

Itulah seputar persiapan traveling untuk perjalanan wisata saat akhir tahun. Dengan mempersiapkan barang-barang ini, liburan akhir tahun bisa lebih menyenangkan dan tanpa kekhawatiran terlupa membawa sesuatu yang penting!

Topik Menarik