Bincang Bicara Jadi Forum untuk Perkuat Keberlanjutan Event Kreatif di Jawa Barat

Bincang Bicara Jadi Forum untuk Perkuat Keberlanjutan Event Kreatif di Jawa Barat

Travel | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 15:44
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak event kreatif di Jawa Barat yang memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dan lapangan kerja. Salah satu yang saat ini populer diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah kegiatan Bicara (Bincang-Bincang Seputar Event Daerah). 

Event yang diadakan di The Hive Bumi Pancasona, Kota Baru Parahyangan, pada 18 Oktober 2024 ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, terdiri atas pelaku industri event, UMKM, dan pelaku pariwisata lainnya di Jawa Barat.

Forum bincang Bicara diselenggarakan untuk mengeksplorasi isu-isu terkini dalam penyelenggaraan event daerah dengan menekankan pada keberlanjutan (sustainability), kualitas (quality), dan inklusivitas (inclusivity).

Dalam keynote speech-nya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Periode 2021-2024, menekankan pentingnya inovasi dalam industri event. "Industri event adalah pilar penting perekonomian, dengan kontribusi sebesar Rp423 miliar. Mari kita ciptakan event yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Reza Fahlevi, Direktur Event Daerah Kemenparekraf. Dia menjelaskan, Jawa Barat dikenal sebagai provinsi kreatif dengan 173 event pada 2024. "Melalui Bicara, kita berharap dapat meningkatkan kualitas event Jawa Barat agar lebih meningkat dan mampu mendunia," katanya.

Kegiatan diawali dengan tarian tradisional "Mojang Priangan," diikuti oleh Sandiaga Uno dan sambutan Direktur Event Daerah. 

Diskusi panel selanjutnya dilaksanakan dengan melibatkan narasumber terkemuka seperti Chandrawulan, Kepala Bidang
Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Fenny Puspadewi Hermawan, Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, Galih Sedayu, Konsultan Event dan Wakil Ketua ICCN, dan Indriyani Handyastuti dari Dosen Poltekpar NHI Bandung. 

Para narasumber membahas strategi branding, digitalisasi, dan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk tercapainya event kreatif dan berkelanjutan serta inklusi sosial dalam event. Acara ditutup dengan sesi kuis, foto bersama, dan penampilan musik akustik yang memukau.

Bincang Bicara berhasil menjadi forum diskusi yang konstruktif dan strategis,  peserta aktif berpartisipasi, menunjukkan antusiasme terhadap topik-topik yang relevan untuk pengembangan industri event di Indonesia. Event Bicara diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan event, dengan fokus pada keberlanjutan, kualitas dan inklusivitas.

Topik Menarik