Prabowo Tunjuk Ace Hasan sebagai Gubernur Lemhannas, Ini 3 Pesan Utamanya

Prabowo Tunjuk Ace Hasan sebagai Gubernur Lemhannas, Ini 3 Pesan Utamanya

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 00:00
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto menugaskan Ace Hasan Syadzily Sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Penugasan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 146-P tahun 2024 Tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional RI.

Seusai dilantik Presiden, Ace pun mengungkapkan tiga hal utama yang dipesankan Prabowo. Dia menjelaskan pesan tersebut di kompleks Istana Negara pada Selasa (22/10/2024).

"Saya ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk menjadi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia atau Lemhannas RI yang tugas dan fungsinya itu terdiri atas tiga hal," kata Ace.

Tugas pertama, Ace menjelaskan Lemhannas harus memberikan pendidikan bagi calon-calon pemimpin nasional baik ASN, TNI maupun Polri. Pendidikan yang dimaksud agar ASN TNI-Polri dapat menghadapi tantangan geopolitik yang akan dihadapi Indonesia.

"Karena kita tahu bahwa tentu menuju Indonesia emas 2045 bukanlah sesuatu yang mudah, perlu kerja keras dan perlu pendekatan yang holistik dari semua komponen termasuk para birokrasi, TNI, Polri," ujar Ace.

Tugas kedua, Presiden Prabowo berpesan pada TB Ace agar Lemhanas dapat menjadi lembaga Think Tank bagi Presiden atas isu-isu internasional, regional, maupun nasional.

"Karena sekali lagi, diminta atau tidak diminta tentu kami punya kewajiban untuk memberikan masukan-masukan sebagai lembaga think-tank," katanya.

Terakhir, Ace mengungkapkan Lemhannas diminta untuk tetap melakukan sosialisasi atau pemantapan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Dia mengatakan nilai-nilai kebangsaan perlu terus diteguhkan guna menghadapi tantangan di tengah arus globalisasi dan digitalisasi dewasa ini.

"Saya kira posisi ini sangat penting karena kita tahu bahwa di tengah arus globalisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini pemantapan nilai-nilai kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam rangka menjaga ketahanan nasional kita," ucapnya.

Topik Menarik