Prabowo Terinspirasi dari Abraham Lincoln untuk Beri Jabatan ke Lawan Politik

Prabowo Terinspirasi dari Abraham Lincoln untuk Beri Jabatan ke Lawan Politik

Berita Utama | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 07:10
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto mengaku banyak belajar dari Presiden ke-16 Amerika Serikat (AS), Abraham Lincoln. Salah satu yang menginspirasinya yakni sifat negarawan Lincoln lantaran memberi jabatan ke lawan politiknya.

"Saya belajar banyak dari Abraham Lincoln, menarik Abraham Lincoln ini, sangat menarik. Intinya yang saya belajar dari dia banyak sekali, kenegarawanannya, kearifannya, ketabahannya," kata Prabowo ketika wawancara eksklusif bersama Abraham Silaban dalam program AB+ pada 2022 yang ditayangkan ulang pada Senin (21/10/2024).

Ketua Umum Partai Gerindra ini mencontohkan ketika Lincoln yang memberi jabatan Secretary of State kepada lawan politiknya, William Seward.

"Kemudian Seward tanya, 'Kenapa Anda memilih saya? Anda tahu saya nggak suka sama Anda?'. 'I know you dont like me, and i dont like you. But i know you love the nations of America'," ucap Prabowo menirukan percakapan Lincoln dan Seward.

Lantas, Prabowo menceritakan sikap Lincoln yang memasukkan Seward ke dalam kabinet.

"Abraham Lincoln mengatakan begini, 'Kalau saya di kabinet saya semua terdiri dari pendukung saya semua, itu saya kasih gagasan mereka pasti semua setuju. Kalau ada di antaranya rival saya atau mantan rival saya, gagasan saya pasti akan disanggah. Dengan disanggah kita pasti akan dapat suatu gagasan yang lebih baik'," tuturnya.

Atas dasar itu, Prabowo kagum akan Lincoln. Bahkan, dia mengaku terinspirasi dengan Lincoln. 

"Saya lihat, waduh ini hebat nih. Jadi ini yang menginspirasi saya, jadi mengajarkan saya oke, kalau cari perbedaan pasti ada," kata dia.

Topik Menarik