Pembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World Super Sport 300 2024, Menpora Janjikan Hal Ini

Pembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra Juara Dunia World Super Sport 300 2024, Menpora Janjikan Hal Ini

Olahraga | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:59
share

JAKARTA, iNews.id – Pembalap Indonesia, Aldi Satya Mahendra juara dunia World Super Sport (WSSP) 300 2024. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengapresiasinya dan berjanji memberi dukungan untuk kariernya.

Aldi menjuarai WSSP300 2024 setelah finis di posisi keenam Race 2 balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (20/10/2024). Hasil tersebut membuat rider berusia 18 tahun itu juara dengan keunggulan 21 poin dari rival terdekatnya, Loris Veneman.

Hebatnya lagi, pembalap tim BrCorse itu menjadi juara WSSP300 2024 dengan rekor 100 persen finis di setiap balapan. Bahkan, dalam 16 balapan yang diikutinya, hanya satu kali saja dia gagal finis di 10 besar.

Dengan prestasinya itu, Aldi pun mencatatkan sejarah sebagai juara dunia balap motor solo pertama asal Indonesia. Sebelumnya, tidak ada rider Tanah Air yang pernah mencapai titik yang sama sepertinya.

Menpora Dito pun mengungkapkan pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Aldi setelah juara WSSP300 2024. Kata dia, pemerintah telah menawarkan diri untuk memberikan bantuan hal-hal yang bisa mendorong peningkatan kariernya.

“Pastinya kami sudah komunikasi dan kami nanya kira-kira bagaimana caranya kita bisa mendorong karier dia. Apa yang kira-kira pemerintah bisa lakukan, pastikan kita lakukan,” kata Dito saat ditemui di Kantor Kemenpora, Senin (21/10/2024).

Dito sangat senang dengan prestasi gemilang yang dicatatkan Aldi di WSSP300. Tak lupa dia menyebut nama Mario Aji yang saat ini tengah mentas di Moto2.

Menpora melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia di dunia olahraga motorsport. Oleh karenanya, Kemenpora bakal mendukung penuh untuk mengembangkan industri olahraga balap di Tanah Air.

“Ya pastinya saya rasa dunia motorsport kita, khususnya untuk sepeda motor ini sangat gemilang. Kemarin kita ada juara di yang kelas 300 dan bagaimana Mario Aji sedang menuju MotoGP,” jelas menteri berusia 34 tahun itu.

“Jadi ini salah satu hal yang tadi mengapa saya sampaikan ke depan harus ada industri olahraga terfokus di sini karena untuk olahraga motorsport ini sangat erat dengan industri. Selama ini Kemenpora memiliki keterbatasan untuk mendukung. Saya rasa ke depan motorsport akan menjadi salah satu yang kita akan support dengan fokus,” ucapnya.

Topik Menarik