3 Petinju yang Tidak Menyukai Mike Tyson, Salah Satunya Berakhir dengan Pertarungan Jalanan

3 Petinju yang Tidak Menyukai Mike Tyson, Salah Satunya Berakhir dengan Pertarungan Jalanan

Olahraga | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 21:09
share

Mike Tyson adalah salah seorang legenda tinju dunia. Petarung kelahiran New York, Amerika Serikat ini punya reputasi dan prestasi gemilang di atas ring yang membuatnya disegani petinju-petinju lain.

Dijuluki Iron Mike, Tyson telah dianggap luas sebagai salah satu petinju kelas berat terhebat sepanjang masa. Selama aktif berkompetisi, ia pernah memegang rekor sebagai juara dunia kelas berat tak terbantahkan pada 1987 hingga 1990.

Terlepas dari statusnya itu, bukan berarti Tyson disukai semua orang. Sejumlah nama petinju disebutkan tidak menyukainya karena beberapa alasan. Siapa saja?

Petinju yang Tidak Menyukai Mike Tyson

1. Floyd Mayweather Jr

Mike Tyson dan Mayweather Jr sama-sama punya reputasi mentereng di ring tinju. Kendati begitu, keduanya memiliki perseteruan yang sudah berlangsung selama beberapa dekade.

The Sun melaporkan bahwa sampai tahun 2001, Tyson dan Mayweather diyakini masih berteman atas dasar rasa saling menghormati satu sama lain. Namun, persahabatan mereka secara resmi berakhir ketika sebuah laporan mengklaim The Money memainkan peran dalam penggerebekan polisi di rumah Tyson di Las Vegas atas dugaan penculikan dan kekerasan seksual terhadap seorang wanita.

Tyson pernah berbicara tentang insiden tersebut kepada Boxing Junkie dengan mengatakan ada sejumlah sumber serius yang menyebut Mayweather terlibat. Akan tetapi, ia tidak pernah menemukan bukti kuat yang bisa ditunjukkan ke publik.

Hubungan kedua semakin parah ketika Mayweather mengklaim dirinya sebagai petinju terhebat sepanjang sejarah pada 2015. Tyson tidak menerimanya dan menyebut Mayweather mengalami delusi.

2. Deontay Wilder

Terlepas dari reputasinya, ternyata tidak semua orang menganggap Tyson sebagai petinju yang menakutkan. Contohnya adalah Deontay Wilder yang pernah berbicara tentang karier dan sejarah Mike Tyson dalam olahraga ini.

Mengutip Marca, Wilder menganggap Tyson tidak pantas diperlakukan sebagai salah satu petinju kelas berat terbaik dalam sejarah. Alasannya karena Iron Mike hanya melawan dua orang yang masuk hall-of-famer.

Komentar itu terungkap dalam video lama yang muncul kembali beberapa waktu lalu. Singkatnya, Wilder mengemukakan bahwa Tyson kalah dua kali melawan Evander Holyfield dan sekali melawan Lennox Lewis. Kedua petarung itu adalah anggota Hall of Fame.

"Mari kita hadapi, setengah dari kalian bajingan tidak tahu sejarah kalian dalam olahraga tinju ini. Kalian tidak tahu sejarah kalian, kalian tidak tahu fakta-fakta kalian, kalian tidak tahu apa-apa. Yang kalian tahu hanyalah apa yang kalian dengar,” ucap Wilder seperti dikutip, Senin (21/10/2024).

“Jika Anda kembali, dan saya ingin seseorang menjawab pertanyaan ini untuk saya, berapa banyak petarung Hall of Fame yang sebenarnya pernah dilawan Mike Tyson? Jangan bahas Michael Spinks yang beralih dari kelas berat ringan ke kelas berat, yang sangat ketakutan dengan sepatu botnya. Dan jangan bahas Larry Holmes karena kita sudah tahu Larry sudah jauh melewati masa jayanya, jadi berapa banyak dari mereka?." sambung Wilder.

3. Mitch Green

Mike Tyson melawan dan mengalahkan Mitch Green di New York City pada Mei 1986. Momen ini terjadi sekitar enam bulan sebelum Iron Mike menjadi juara kelas berat termuda dalam sejarah.

Kekalahan dari Tyson membuat Green terhuyung dan bertekad untuk membalas dendam. Terlebih, ia juga sudah geram pada Tyson setelah mengklaim bahwa promotor Don King membayarnya terlalu rendah dan menginginkan pertarungan kedua yang lebih menguntungkan.

Namun, Green yang menjadi bagian geng di New York punya kesempatan untuk menghadapi Tyson pada Agustus '88. Berawal dari Tyson yang secara kebetulan melangkah ke wilayahnya, Green terlibat pertarungan jalanan yang sampai sekarang tidak terungkap secara jelas.

Itulah beberapa petinju yang tidak menyukai Mike Tyson.

Topik Menarik