Pemerintah dan PSSI Akan Surati FIFA Minta Duel Timnas Indonesia Vs Bahrain Tetap di Indonesia

Pemerintah dan PSSI Akan Surati FIFA Minta Duel Timnas Indonesia Vs Bahrain Tetap di Indonesia

Olahraga | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 10:59
share

JAKARTA, iNews.id- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo menyebut pemerintah dan PSSI akan mengirim surat ke FIFA soal pemintaan laporan Timnas Bahrain yang enggan bertanding di Indonesia. Menpora Dito menyebut pemerintah dan PSSI ingin melobi FIFA agar laga itu tetap digelar di Indonesia.

Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA), lewat pernyataan resminya telah meminta ke AFC agar laga tandang melawan Timnas Indonesia digelar di tempat netral. Permintaan itu muncul karena khawatir dengan keamanan skuadnya buntut dari teror yang diberikan warganet kepada pemain Bahrain.

Teror-teror tersebut merupakan dari bentuk rasa kecewa warganet soal laga kontroversial Bahrain versus Timnas Indonesia yang berakhir imbang 2-2. Laga itu bahkan sampai menyedot perhatian banyak netizen dunia karena menilai wasit Ahmed Al Kaf berat sebelah dalam memimpin laga.

Laporan BFA telah direspons oleh AFC. Dalam pernyataannya, AFC menyebut akan mendalami lebih lanjut serta melakukan diskusi dengan FIFA, PSSI, dan BFA dalam menentukan keputusan dari laporan tersebut.

Menanggapi hal itu, Menpora Dito menyampaikan kalua pemerintah sudah berkoordinasi kepada PSSI untuik mengirim surat ke FIFA. Surat itu bertujuan agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain tetap berlangsung di Indonesia.

“Pak ketum PSSI kemarin sudah berkoordinasi juga baik ke FIFA maupun AFC. Insyaallah nanti kita akan membuat surat bersama antara pemerintah dengan PSSI yang akan kita layangkan baik itu ke FIFA dan AFC. Karena di sini adalah pembuktian bahwa Indonesia sangat siap untuk menerima para tamu-tamu tim dunia dan event kelas internasional,” kata Menpora Dito usai kembali ditunjuk sebagai Menpora RI di Istana Kepresidenan, dikutip Senin (21/10/2024).

Dito mengatakan pemerintah akan berusaha menjamin semua keamanan tim-tim yang datang ke Indonesia termasuk Bahrain. 

“Terkait dengan tetapnya pertandingan di Indonesia, saya sudah koordinasi dengan Pak Ketum PSSI di mana kita sebagai Menpora menjamin bahwa keamanan tim Bahrain di Indonesia pasti kita jamin. Dan ini jangan cari alasan, Indonesia sangat aman buat bertanding,” lanjutnya.

Topik Menarik