Pemerintah Siap Jamin Keselamatan dan Keamanan Timnas Bahrain saat Away ke Indonesia

Pemerintah Siap Jamin Keselamatan dan Keamanan Timnas Bahrain saat Away ke Indonesia

Olahraga | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 18:59
share

JAKARTA, iNews.d- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo siap menjamin keamanan untuk Timnas Bahrain saat tandang melawan Timnas Indonesia. Menurutnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal keamanan di Indonesia.

Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA), lewat pernyataan resminya telah meminta ke AFC agar laga tandang melawan Timnas Indonesia digelar di tempat netral. Sesuai jadwal yang ada, sejatinya laga tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 25 Maret 2025 mendatang.

Permintaan itu muncul karena PSSI-nya Bahrain khawatir dengan keamanan skuadnya karena banyak teror yang diberikan kepada warganet kepada skuad Bahrain. Semua itu merupakan buntut dari hasil laga Timnas Indonesia kontra Bahrain yang berakhir imbang 2-2. Sebab, laga tersebut diwarnai dengan keputusan wasit Ahmed Al Kaf yang dinilai kontroversial.

Terkait permintaan Bahrain, Menpora Dito menyatakan kalau PSSI-nya Bahrain sejatinya tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah Republik Indonesia akan menjamin keamanan tim berjuluk Dilmun’s Warriors tersebut.

“Pasti (pemerintah jamin keamanan). Itu menurut saya bisa-bisaan Bahrain saja,” kata Menpora Dito di Kantor Kemenpora RI, Jumat (18/10/2024).

Dia menyampaikan kalau PSSI telah berkoordinasi dengan Menpora terkait keamanan. Politisi Partai Golkar ini menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait keamanan. Sebab, Indonesia telah membuktikan pelayanannya ketika menggelar event international, seperti Piala Dunia U-17 2023.

“Kemarin Pak Ketua PSSI juga sedikit memberikan reaksi dan sudah melibatkan saya bahwa keamanan di Indonesia sangat terjamin,” terang Menpora Dito.

“Bagaimana kita menyelenggarakan selama ini Piala Dunia U-17 dan juga pertandingan-pertandingan timnas kita yang dimana saat ini sangat sudah family friendly. Jadi tidak ada alasan dengan keamanan di Indonesia,” lanjutnya.

Sementara, AFC sudah merespons pernyataan BFA. AFC akan mendalami lebih lanjut dan berdiskusi dengan FIFA, PSSI, serta BFA sebelum memutuskannya.

Topik Menarik