Jawaban Berkelas Shin Tae-yong saat Ditanya Punya Anak Emas di Timnas Indonesia

Jawaban Berkelas Shin Tae-yong saat Ditanya Punya Anak Emas di Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 12:30
share

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), memberi jawaban berkelas saat dituding memiliki anak emas dalam skuadnya. 

Tuduhan itu kerap menghampiri pelatih asal Korea Selatan itu saat menukangi Timnas Indonesia. Pasalnya, sejak menukangi Tim Garuda mulai Januari 2020, ada beberapa nama pemain yang nyaris tak pernah tergusur dari skuadnya. Padahal, pemain tersebut tak mendapatkan menit bermain yang cukup di klubnya. 

Tudingan itu semakin diperkuat saat STY sempat mengesampingkan Eliano Reijnders, yang mempunyai jam terbang tinggi di klubnya PEC Zwolle. Eliano tak dibawa dalam skuad utama saat Timnas Indonesia menelan kekalahan dari China (1-2), Selasa (15/10/2024) lalu. 

Meski begitu, STY membantah punya anak emas dalam skuad Timnas Indonesia. Dia menegaskan tak membeda-bedakan siapapun pemainnya. Dia mengaku para pemain bisa masuk skuad utama jika rela berkorban untuk Timnas Indonesia. 

"Saya selalu memberi motivasi kepada siapapun pemain untuk berkorban demi negara," kata Shin dikutip dari sesi tanya-jawab netizen dan Shin Tae-yong di akun X @TimnasIndonesia, Jumat (18/10/2024).

Dalam kesempatan lainnya, STY juga menjelaskan bahwa pemilihan pemain untuk skuad utama berdasarkan pada performa dan kondisi sang pemain. Jadi, semua pemain yang dipilih untuk bermain adalah kesebelasan terbaik. 

"Pertama saya selalu melihat lawan seperti apa dan kondisi pemain kita. Dua hal ini yang paling menentukan starting lineup," ucapnya.

"Jadi pemain yang turun di lapangan adalah yang terbaik berdasarkan pertimbangan tersebut," tuturnya.

Topik Menarik