Morning Update: Penyakit Kawasaki Tidak Menular, Begini Cara Mengobatinya

Morning Update: Penyakit Kawasaki Tidak Menular, Begini Cara Mengobatinya

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:05
share

JAKARTA, iNews.id - Penyakit Kawasaki perlu diwaspadai setiap orangtua. Sebab, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi faktor risiko serangan jantung di kemudian hari. 

Ya, penyakit kawasaki yang menyerang pembuluh darah koroner akan memicu terjadinya sumbatan, yang mana itu berisiko menyebabkan serangan jantung. Ini kondisi yang mengancam nyawa. 

Dokter Anisa Rahmadhany, Sp.A(K)  menjelaskan terkait penyakit Kawasaki di Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024).
Dokter Anisa Rahmadhany, Sp.A(K) menjelaskan terkait penyakit Kawasaki di Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024).

Penyakit Kawasaki banyak menyerang bayi berusia di bawah lima tahun atau balita. Penting untuk orangtua mengetahui upaya apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini. 

Menurut Dokter Spesialis Anak dr Anisa Rahmadhany, Sp.A(K), pencegahan yang bisa dilakukan adalah mengenali sedini mungkin gejala dari penyakit ini. Jika si anak mengalami gejala-gejalanya, segera bawa ke rumah sakit untuk ditangani dokter spesialis anak. 

"Ini bukan penyakit menular. Karena itu, upaya pencegahannya adalah mendeteksi penyakit sedini mungkin," kata dr Anisa dalam program Morning Update iNews TV, Rabu (16/10/2024). 

"Jadi, kalau si kecil ada demam lima hari atau lebih (39-40 derajat celcius), lalu matanya merah tanpa belek, kemudian bibir merah, lidah merah, telapak tangan atau kaki bengkak disertai nyeri, lalu di salah satu sisi leher ada pembengkakan, segera konsultasi ke dokter spesialis anak," tambahnya. 

Di kesempatan itu, dr Anisa menjelaskan juga bahwa penyakit ini memiliki derajat kekambuhan yang tidak terlalu besar, tapi tetap ada risikonya. "Angka kekambuhan penyakit Kawasaki itu 3 persen. Jadi, tetap ada risiko," ungkapnya. 

Artinya, jika si kecil mengalami penyakit ini di usia 3 tahun misalnya, di usia remaja atau dewasa bisa kambuh lagi penyakitnya. Karena itu, penting sekali melakukan pengobatan yang komprehensif dan tuntas. 

Pengobatan Penyakit Kawasaki

Bicara soal pengobatan penyakit Kawasaki, dr Anisa menerangkan kalau obat yang dipakai untuk penyakit ini adalah imunoglobulin. 

"Ini adalah penyakit peradangan, maka peradangannya harus dihentikan sesegera mungkin supaya tidak menginfeksi ke pembuluh darah koroner, maka pasien akan diberikan obat immunoglobulin," ujar dr Anisa. 

"Jadi, pasien diberikan immunoglobulin supaya peradangannya dapat diatasi, sehingga infeksi gak menyerang pembuluh darah koroner," tambah dia. 

Topik Menarik