Ridwan Kamil bakal Genjot Ekonomi Kreatif demi Kurangi Pengangguran

Ridwan Kamil bakal Genjot Ekonomi Kreatif demi Kurangi Pengangguran

Terkini | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 17:17
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil bertekad menggenjot ekonomi kreatif bila terpilih menjadi orang nomor satu di Jakarta. Sektor ekonomi kreatif dinilai bisa mengurangi angka pengangguran di Jakarta.

"Ini adalah sektor yang dapat menyerap banyak tenaga kerja dan berpotensi besar bagi perekonomian Jakarta," katanya di Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

RK memiliki sejumlah langkah strategis untuk menjadikan Jakarta sebagai kota ekonomi kreatif global. Salah satunya adalah memperkuat kolaborasi antara masyarakat, komunitas, pemerintah, akademisi dan media. 

"Kita lihat waktu krisis moneter, itu orang lari ke kuliner. Tapi bukan kuliner warungan, kuliner yang punya tema-tema, punya keunikan. Sehingga akhirnya berkembang menjadi salah satu sektor yang survive di ekonomi begini," ujarnya.

Dia menegaskan, ekonomi kreatif memiliki potensi luas untuk dikembangkan. Apalagi, saat ini adalah era digital.

"Lapangan pekerjaan itu masih luas. Cuma banyak yang nggak ngerti mau bikin konten tentang apa, yang cuan kira-kira gitu ya," ucap RK.

Menurutnya, pihak yang berpengalaman bisa melatih membuat konten. Konten tidak hanya dibuat oleh Gen Z, tetapi juga emak-emak.

"Akhirnya dengan monetisasi digital, dia bisa dapatkan penghasilan juga," kata RK.

Topik Menarik