RK-Suswono Ingin Masukkan Budaya Betawi ke Kurikulum Pendidikan

RK-Suswono Ingin Masukkan Budaya Betawi ke Kurikulum Pendidikan

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 21:58
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Calon nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK)-Suswono (RIDO) mempunyai gagasan memasukkan pelestarian kebudayaan Betawi ke dalam kurikulum pendidikan sekolah yang ada di Jakarta. Dia menyebut budaya Betawi harus dilestarikan dari sekolah.

Suswono menekankan kalau budaya merupakan warisan yang harus terus dilestarikan. Dia menyebut, jalur pendidikan bisa diambil sebagai cara untuk melestarikan kebudayaan Betawi secara struktural.

"Dengan caranya melalui kurikulum pendidikan, supaya anak-anak kita ini sejak dini juga mengenal, karena Jakarta itu tidak lepas dari budaya Betawi," kata Suswono, Senin (14/10/2024).

Namun sebelum jauh ke sektor pendidikan, Suswono menekankan, kalau hal yang pertama harus dilakukan untuk melestarikan budaya Betawi ini adanya penguatan lembaga kesenian. Sebab kehadiran lembaga kesenian akan membuat kebudayaan Betawi tetap eksis. 

"Tentu yang pertama adalah memperkuat ya atau membangun kelembagaan budaya Betawi, karena ini adalah bagian yang bisa memperkuat eksistensi," tuturnya.

Di sisi lain, dia juga merasa prihatin atas kelangkaan sanggar-sanggar Betawi. Padahal kesenian Betawi seperti pagelaran Lenong merupakan hiburan yang cukup banyak dinantikan masyarakat.

"Kita sedih ya melihat, coba sekarang sanggar-sanggar seni Betawi ini kan mulai langka. Saya alhamdulillah menyaksikan kemarin di Pinang Ranti, Lenong nya si pinangnya Pak Kubil, Oplet Robet, ini menarik ternyata terhibur betul masyarakat itu," tuturnya.

Topik Menarik