Resep Saus Salad Buah yang Enak, Dipadukan Anggur dan Apel Lebih Segar 

Resep Saus Salad Buah yang Enak, Dipadukan Anggur dan Apel Lebih Segar 

Travel | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 09:00
share

JAKARTA, iNews.id - Resep saus salad buah sangat mudah dibuat dengan bahan sederhana. Ya, sudah menjadi hal umum jika buah memiliki berbagai macam nutrisi. 

Biasanya, salad buah terbuat dari bahan dasar buah melon, anggur, apel, kiwi, dan lainnya. Keju, susu, atau yogurt juga bisa menjadi topping yang dipilih.

Kali ini, jika tertarik ingin mencicipi hidangan segar, Anda bisa membuat saus salad buah yang enak. Bisa disesuaikan selera. 

Penasaran cara buat saus salad buah? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (13/10/2024).

Resep Saus Salad Buah

Bahan Saus:

200 ml yogurt plain (rendah lemak)
100 ml mayones (bisa pilih light mayo untuk versi lebih sehat)
2 sdm madu atau sirup maple (opsional sebagai pemanis alami)
1 sdt air perasan jeruk lemon (untuk memberikan rasa segar)
Sedikit garam (opsional, untuk memperkuat rasa)

Cara Membuat:

1. Campurkan yogurt, mayones, madu, dan air perasan lemon ke dalam mangkuk besar.
2. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna dan konsistensi saus terasa creamy dan lembut.
3. Saus salad siap digunakan. Simpan di kulkas jika ingin lebih dingin sebelum disajikan.

Buah-Buahan:

1. Apel

Memiliki kandungan Vitamin C, serat, kalium, dan antioksidan. Manfaatnya baik untuk pencernaan, membantu mengontrol gula darah, serta mendukung kesehatan jantung.

2. Anggur

Kandungannya ada Vitamin C, K, dan antioksidan seperti resveratrol. Adapun manfaatnya mendukung kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Nanas

Memiliki kandungan vitamin C, mangan, enzim bromelain (baik untuk pencernaan). Nanas dapat membantu pencernaan, anti-inflamasi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Melon

Memiliki kandungan Vitamin A, C, kalium, serat, dan air. Memiliki manfaat menghidrasi tubuh, baik untuk kulit, dan membantu kesehatan mata.

5. Stroberi

Adapun kandungannya berupa Vitamin C, mangan, serat, dan antioksidan. Manfaatnya menjaga kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan jantung.

6. Pepaya

Adapun kandungannya Vitamin A, C, serat, enzim papain. Memiliki manfaat baik untuk pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

7. Pir

Memiliki kandungan serat, vitamin C, K, dan kalium. Manfaatnga meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan membantu menjaga tekanan darah.

Cara Penyajian Salad Buah:

1. Potong semua buah dalam ukuran dadu atau sesuai selera. Campurkan buah-buahan dengan saus salad yang sudah dibuat sebelumnya.
2. Aduk perlahan agar semua buah terlapisi saus. Sajikan segera atau simpan sebentar di kulkas agar lebih segar saat dinikmati.

Itulah seputar resep saus salad buah yang enak dan segar. Tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Topik Menarik