Lebanon Memanas, Kemlu Kembali Pulangkan 14 WNI ke Indonesia

Lebanon Memanas, Kemlu Kembali Pulangkan 14 WNI ke Indonesia

Terkini | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 18:22
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali mengevakuasi 14 warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak konflik di Lebanon. Saat ini sudah 85 orang yang dievakuasi Kemlu dari Lebanon usai mengalami eskalasi konflik.

"Evakuasi gelombang keenam tersebut dilakukan melalui jalur udara dengan rute penerbangan dari Beirut menuju Jakarta dengan titik transit di Jeddah dan Dubai," tulis Kemlu dalam keterangannya seperti dilihat, Sabtu (12/10/2024).

Di antara keempat belas WNI tersebut, 10 orang merupakan laki-laki dan 4 orang adalah perempuan. 

"Para WNI berasal dari beberapa daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali," jelas Kemlu.

Kemlu terus mengimbau agar WNI tetap meningkatkan kewaspadaan, menghindari lokasi yang rawan maupun kerumunan massa, meminimalisasi pergerakan yang tidak perlu.

"Bagi yang memiliki rencana perjalanan ke wilayah-wilayah rawan, seperti Iran, Israel, Lebanon, Palestina, Suriah, serta Yaman, agar dapat menundanya hingga situasi aman," jelas Kemlu.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha sebelumnya mengungkapkan sebanyak 116 WNI masih bertahan di Lebanon meski situasi memanas di Timur Tengah. Alasan mereka tinggal tidak ingin diungkapkan ke publik.

“Masih ada 116 orang, yang masih tinggal di Lebanon. Mereka mayoritas memilih untuk tetap tinggal di sana karena alasan pribadi,” kata Judha Nugraha, Minggu (7/10/2024).

Topik Menarik