Profil dan Perjalanan Karier Raline Shah, Artis Berprestasi sekaligus Filantropis Dermawan Terkenal di Dunia

Profil dan Perjalanan Karier Raline Shah, Artis Berprestasi sekaligus Filantropis Dermawan Terkenal di Dunia

Gaya Hidup | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:32
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan perjalanan karier Raline Shah, artis berprestasi yang diterpa kabar sudah menikah akan dibahas selengkapnya di sini. Sosoknya inspiratif sekali, lho. 

Nama Raline Shah mendadak ramai di media sosial gegara cuitan akun X @exi***. Netizen itu memberi informasi kalau Raline Shah diduga sudah menikah dengan Pendiri dan CEO Coinbase, Brian Armstrong.

Kabar ini langsung dibantah oleh Brian melalui X. Dia memastikan belum pernah menikah dengan Raline Shah. 

Terlepas dari kabar ini, sosok Raline Shah sangatlah menginspirasi. Wanita Indonesia itu memiliki segudang prestasi, bahkan kini hidupnya banyak dihabiskan dengan membantu banyak orang sebagai filantropi. 

Seperti apa kabar terbaru Raline Shah? Berikut ulasan selengkapnya:

Raline Shah tampil menggemaskan. (Foto: Instagram)
Raline Shah tampil menggemaskan. (Foto: Instagram)

Profil dan Perjalanan Karier Raline Shah

Raline Shah adalah artis cantik keturunan Indonesia-Melayu, Tionghoa, dan Pakistan. Dia lahir di Jakarta, pada 4 Maret 1985, yang artinya kini berusia 39 tahun. 

Ibu dan ayah Raline Shah adalah Roseline Abu dan Rahmat Shah. Ayah Raline Shah merupakan pengusaha asal Sumatera Utara yang pernah menjabat sebagai Senator di MPR era 1999 hingga 2004. Rahmat Shah juga diketahui perna menjadi anggota DPR dari 2009 hingga 2014. 

Sedangkan ibunda Raline Shah adalah seorang dermawan berhati baik sekaligus pegiat Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan. Yayasan tersebut berfokus pada penyediaan layanan pendidikan untuk anak-anak cacat mental dan fisik, sudah ada sejak 2010. 

Raline muda sangat luar biasa. Masa remaja dihabiskan di Malaysia, tepatnya di Kolej Tuanku Jaafar yang mana ini sekolah asrama yang ada di Negeri Sembilan. 

Usai lulus, Raline melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di National University of Singapore. Di situ, dia mendalami ilmu politik dan menerima gelar sarjana Ilmu Politik dan Media Baru & Komunikasi pada 2007. 

Tak hanya aktif di dunia akting dan perfilman, Raline juga ternyata punya bakat sebagai penyanyi, lho. Saat kuliah, dia diketahui pernah menjadi vokalis untuk klub Jazz NUS dan tampil dua kali di Singapore International Festival of Arts. 

Bagaimana dengan karier Raline Shah di dunia film dan seni lainnya? 

Karier Raline Shah di Dunia Hiburan

Raline Shah mulai dikenal publik setelah berhasil menyabet juara 3rd Runner-up di salah satu 'beauty pageant' di 2008. Setelah itu, wajahnya banyak menghiasi televisi dan layar lebar. 

Film yang membuat nama Raline Shah semakin melejit antara lain 5 cm dan Surga yang Tak Dirindukan. 

Aktingnya yang memukau berhasil membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai 'Peran Pendukung Wanita Terbaik' di Festival Film Bandung 2015. 

Raline Shah hadiri Cannes Film Festival. (Foto: Instagram)
Raline Shah hadiri Cannes Film Festival. (Foto: Instagram)

Tak cukup di dunia seni peran, Raline melebarkan sayapnya di bidang seni lainnya. Makanya, dia bergabung di Teater Garasi yang berpusat di Yogyakarta. 

Dari bergabungnya Raline di Teater Garasi, dia berhasil menghasilkan pertunjukan multidisiplin yang pernah dipromosikan ke pertunjukan seni internasional di Singapura, Berlin, Tokyo, Shizuoka, Osaka, New York, dan Amsterdam. 

Punya bakat bernyanyi, Raline juga mencoba keberuntungan sebagai penyanyi dengan merilis lagu berjudul 'Jadi Milikku' yang rilis pada 2017. Di lagu itu, dia berkolaborasi dengan Marcell Siahaan. 

Karier Raline Shah semakin mendunia dengan berperan di film Malaysia bertajuk 'Polis Evo 2' garapan Ghaz Abu Bakar di 2018. Dia pun beberapa kali jadi wajah cover majalah fashion ternama dunia di Indonesia, seperti Elle dan Harper's Bazaar.
Raline Shah juga dikenal publik sebagai seorang filantropi yang banyak membantu manusia atau makhluk hidup lainnya. Aksi sosial dan kedermawanannya patut diacungi jempol dan layak jadi inspirasi.   

Raline Shah adalah filantropis terkenal dari Indonesia

Nama Raline Shah nyaring terdengar di dunia filantropi mancanegara. Dia dikenal sebagai filantropi asal Indonesia yang sangat bersinar. Red carpet Cannes Film Festival jadi agenda rutin tahunannya, pun festival dunia lainnya. 

Sebagai seorang filantropi, Raline Shah aktif di banyak kegiatan kemanusiaan dan makhluk hidup lainnya. Dia tercatat pernah menjadi sukarelawan untuk United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan World Fund for Nature (WWF). 

Di Tanah Air, dia tercatat sebagai dermawan sekaligus pegiat YPAC Medan, yayasan yang dibangun ibunya sendiri. 

Raline Shah sangat aktif sebagai filantropi, baik di Indonesia mau pun level dunia. (Foto: Instagram)
Raline Shah sangat aktif sebagai filantropi, baik di Indonesia mau pun level dunia. (Foto: Instagram)

Banyak aksi sosial dilakukan Raline selain yang sudah disebutkan di atas. Dia pernah bekerjasama dengan 3 Little Angels meluncurkan 'Love ReSolution' yang mana itu adalah kampanye yang menggalang dana untuk anak-anak sakit kritis. 

Lalu, Raline bersama Valencia Mieke Randa dan Vivi Tolgay mendirikan Rumah Harapan Indonesia di 2017 yang mana itu adalah rumah singgah bagi anak-anak di bawah 17 tahun dengan penyakit tidak menular yang serius. 

Badan amal ini didirikan untuk menyediakan akoodasi yang nyaman dan sistem pendukung bagi anak-anak dari daerah pedesaan yang melakukan perjalanan berobat ke kota besar di Indonesia. 

Segudang prestasi yang diraih Raline Shah berkat dirinya sendiri itulah yang membuat dia bisa dekat dengan tokoh dunia, sebut saja Bella Hadid, Anna Kendrick, Blake Lively, hingga Lady Gaga. 

Demikian pembahasan soal profil dan perjalanan karier Raline Shah, filantropi terkenal dunia asal Indonesia. Semoga bisa menginspirasi.

Topik Menarik