5 Contoh Teks Rekon Imajinatif yang Bisa Dipahami dan Dipelajari Pembaca

5 Contoh Teks Rekon Imajinatif yang Bisa Dipahami dan Dipelajari Pembaca

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 06:28
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks rekon imajinatif bisa jadi referensi belajar peserta didik. Materi satu ini dapat kita temukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan. 

Mengutip Purwati (2023) pada bukunya yang berjudul Ajar Kajian Bahasa Indonesia Jenjang Sekolah Dasar, teks rekon adalah sebuah jenis teks yang berisi cerita satu peristiwa, kegiatan, kejadian, atau pengalaman masa lalu yang diamati secara kronologis dan bertujuan untuk memberi informasi sekaligus penghiburan bagi pembacanya.

Adapun, teks rekon terbagi menjadi tiga jenis. Jenis yang pertama adalah teks rekon pribadi yang isinya memuat tentang kejadian nyata atau pengalaman langsung dari penulis. Jenis yang kedua adalah rekon faktual yang memuat tentang cerita ulang terkait dengan kejadian faktual, seperti laporan polisi, eksperimen ilmiah, dan lain-lain. 

Sedangkan, jenis teks rekon yang ketiga adalah teks rekon imajinatif yang isinya memuat tenga cerita fiksi dengan lebih mendetail. Penulis teks ini mengajak utnuk memperluas imajinasi para pembacanya. 

Melansir berbagai sumber, Rabu (9/10/2024), berikut contoh teks rekon imajinatif yang dapat dipelajari dan dipahami. 

Contoh Teks Rekon Imajinatif

1. Contoh Teks 1

Susy dikenal aneh di sekolahnya. Anak perempuan ini tidak pernah lepas dari boneka barbienya kemanapun pergi. Hingga sekolah juga membawa boneka Barbie yang diberi nama Miyu. 

Bagi anak usia belasan tahun boneka Barbie jadi mainan favorit, namun bagi teman-temannya Susy dianggap tidak biasa. Dia justru lebih sering berbicara kepada Miyu dibanding teman-temannya. 

Bahkan saat pelajaran berlangsung, Miyu ditempatkan di kursi mini di atas mejanya menghadap ke arah guru yang mengajar. Sering guru menegurnya, sebab tidak nyaman dengan tatapan dan senyum seringai Miyu. 

Banyak orang meyakini bahwa Miyu adalah roh jahat yang ingin menguasai Susy dan menyakiti orang lain. Meski ini dibantah, namun kejadian demi kejadian aneh mulai dirasakan di sekolah. 

Seperti kran air tiba-tiba bocor dan menyebabkan banjir, peralatan olahraga hilang, hingga beberapa orang murid kesurupan secara bersamaan. Meski demikian tidak ada satu bukti keterlibatan Susy. Sampai saat ini Susy masih menjalani hari biasa seperti tidak terjadi apa-apa. 

2. Contoh Teks 2

Siang ini tidak nampak matahari bahkan sejak pagi. Suasana jadi lebih gelap dan dingin dari biasanya. Dua hari lalu, kondisinya sangat berkebalikan, dimana matahari seperti sedang marah. 

Panas yang teramat sangat menyengat kulit mulai dari jam 8 pagi. Membuat kondisi sangat terik, bahkan orang-orang jadi malas keluar rumah. Dua hari lalu Budi seperti diberi waktu untuk menjemur semua hasil buminya supaya tidak busuk dimakan jamur. 

Hanya dalam sehari semuanya kering, aman untuk disimpan lama. Seperti sudah firasat sesuatu terjadi pada alam, ia lalu menyimpan hasil buminya di tempat aman namun mudah dijangkau saat akan diolah. 

Contoh cerita imajinasi singkat selanjutnya tidak lupa dia juga menyiapkan kayu bakar. Dan hari ini, seperti terprediksi sebelumnya. Bumi seolah lelah, tanpa sinar matahari, sumber daya listrik padam, banyak orang memilih berdiam di rumah karena hawa dingin tidak tertahan. 

Beruntung Budi memiliki semua yang dibutuhkan dalam kondisi tersebut. Tanpa memikirkan diri sendiri, ia membagikan beberapa bahan makanan kepada tetangga kanan kiri untuk bertahan hidup sampai entah kapan kondisi akan kembali normal. 

3. Contoh Teks 3

Ozil, yatim piatu mandiri sejak usianya 7 tahun. Sejak kedua orang tuanya meninggal akibat kecelakaan, ia diasuh oleh kakeknya. Meski renta, kakeknya mampu menghidupinya dengan berladang, mengambil hasil bumi untuk makan, sisanya dijual untuk sekolah. 

Kini usianya 12 tahun. Tepat 2 hari lalu kakeknya berpulang. Ozil yang hanya tinggal di gubug reyot tidak mampu mengurus jenazah kakeknya. Beruntung warga desa tempatnya tinggal peduli dan bersedia membantu hingga selesai. 

Namun hanya sampai disitu, tidak ada seorangpun menawarkan untuk tinggal bersama. Ozil, bagaimanapun harus bertahan hidup sesuai wasiat kakeknya. Ada ladang beberapa petak untuk diurus sebagai bekalnya. 

Hanya itu, tidak ada lagi yang tersisa. Dari menggarap ladang sendirian yang diharapkannya hanyalah dapat makan setiap hari. Sekolah? Tidak lagi terpikirkan olehnya karena faktor biaya. 

Meski hidupnya berat, keyakinan akan masa depan memberinya kekuatan. Setidaknya sebagai wujud baktinya terhadap kakek, Ozil harus menggarap ladang hingga menghasilkan. Untuk dirinya sendiri dan orang yang membutuhkan. 

4. Contoh Teks 4

Dave, seorang tentara yang harus bertugas di daerah konflik. Meninggalkan istri dan kedua buah hatinya untuk pergi menyeberang pulau yang jauh. Meski berat bagi keluarga kecilnya, namun tugas sebagai prajurit harus diutamakan. 

Berperang di daerah konflik bukan hal mudah bagi siapapun. Namun seorang prajurit harus siap mati demi mempertahankan tanah airnya. Apalagi ini bukan kali pertama harus berperang di wilayah berbahaya. 

Sebagai salah satu anggota pasukan elite dengan kemampuan sniper paling handal, Dave tidak pernah absen berperang. Ini yang membuat istrinya bangga sekaligus khawatir. Betapa tidak, setiap saat dirinya harus siap menerima kabar duka. 

Pagi ini, seluruh ruangan terasa ikut bersedih melepas kepergian kepala keluarga untuk menunaikan tugasnya. Hanya doa yang menyertai setiap langkah Dave, beserta keyakinannya untuk kembali pulang dengan selamat.

5. Contoh Teks 5

Siti Mariana, seorang ibu muda 1 anak sekaligus istri pengusaha harus menjalani hidup mandiri. Nafkah suami yang selalu diterima tiap bulan tidak sepeserpun ia gunakan. Disimpannya semua pemberian suaminya itu dalam tabungan yang hanya diketahuinya.

Menerima kenyataan sebagai istri ke-3, Nana tahu diri. Tidak bisa dia menuntut hak yang sama dengan kedua istri suaminya itu. Terpaksa menikah karena telah hamil duluan membawa konsekuensi yang tidak mudah baginya.

Budi Permana, seorang pengusaha usia 45 tahun, lelaki yang ditemui di tempat karaoke telah merubah semua hal dalam kehidupannya. Sejak menikah, Nana hanya bertemu 2 minggu sekali dengan suaminya itu. Itupun hanya satu malam.

Demi menjaga nama baik keluarga juga demi jaminan anaknya, Nana harus bertahan dalam kondisi ini. Paling penting baginya adalah mendapat kepastian akan masa depan dirinya juga buah hatinya. 

Demikian ulasan mengenai contoh teks rekon imajinatif. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik