Honda Luncurkan 2 Motor Listrik ICON e: dan CUV e: di Indonesia, Intip Spesifikasinya

Honda Luncurkan 2 Motor Listrik ICON e: dan CUV e: di Indonesia, Intip Spesifikasinya

Otomotif | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 16:38
share

JAKARTA, iNews.id - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua motor listrik perdana di dunia (world premiere), yaitu Honda ICON e: dan Honda CUV e:, Rabu (9/10/2024). Kedua kendaraan ini melengkapi jajaran motor listrik Honda yang sebelumnya telah mengaspal, yaitu Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Seperti apa spesifikasi motor EV ini? President Director AHM, Susumu Mitsuishi mengatakan, peluncuran kedua model ini menegaskan komitmen perusahaan memperluas pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan kendaraan zero emission dengan kualitas terbaik dan berteknologi tinggi.

”Honda ICON e: dan Honda CUV e: merupakan wujud komitmen kami untuk memenuhi harapan dan kebutuhan konsumen. Kami merancangnya dengan inovasi yang mengedepankan kualitas dan standar keamanan tinggi sehingga konsumen akan merasa aman dan nyaman saat berkendara dengan motor listrik,” ujar Mitsuishi dalam keterangan persnya.

Honda ICON e:

Honda ICON e: hadir untuk konsumen yang mencari fleksibilitas dalam mengendarai sepeda motor listrik dengan bodi ringan dan memiliki kelincahan di jalan raya. Honda ICON e: mengusung konsep Advance – Compact untuk penggunaan harian.

Honda ICON e: menggunakan ban ukuran 12 inci di depan dan 10 inci di belakang. Dimensi compact bertaut dengan pijakan kaki flat sehingga memberikan kenyamanan dan fleksibilitas berkendara. 

Terdapat pula bagasi berukuran besar dengan kapasitas mencapai 26 liter yang menambah nilai dari sisi fungsionalitas.

Untuk performa, Honda ICON e: menggendong motor listrik dengan tenaga maksimal 1,8 KW yang mampu melaju hingga 55 km per jam. Baterai yang tertanam pada dek bawah motor mampu menempuh jarak maksimal 53 km dalam sekali pengisian penuh. 

Sistem pengisian baterai direct charge, langsung ke sepeda motor atau ke baterainya, memberikan fleksibilitas dan pengisian daya lebih mudah. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu 7 jam 20 menit, dan dari 25-75 persen membutuhkan waktu 3 jam 30 menit.

Kelengkapan pendukung lain pada Honda ICON e: antara lain USB charger pada console box, panel meter full digital, dan semua lampu menggunakan teknologi LED.

AHM merilis Honda ICON e: dalam lima pilihan warna, yakni Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic White, dan Iconic Matte Black. Honda ICON e: dipasarkan dengan harga Rp28-32 juta on the road DKI Jakarta termasuk charger.

Honda CUV e:

Model kedua yang meluncur adalah Honda CUV e:. Sepeda motor listrikini memiliki performa tinggi. Mengusung konsep Premium-Futuristic, CUV e: memiliki velg berukuran 12 inci. 

Model ini telah menyematkan Honda RoadSync Duo, sistem konektivitas dengan ponsel pada tipe tertinggi yang memberikan kemudahan, kenyamanan, dan ketenangan saat berkendara dengan mobilitas tinggi.

Honda CUV e: ditenagai motor listrik dengan tenaga maksimal 6 KW, yang bisa melaju dengan kecepatan 83 km per jam dan jarak tempuh hingga 80,7 km. Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. 

Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam, dan 2,7 jam (160 menit) untuk pengisian dari 25 persen ke 75 persen. Terdapat tiga mode berkendara, yaitu Econ, STD, dan Sport.

Kelengkapan pendukung yang tersemat pada CUV e: adalah USB type-C charger yang terletak pada console box untuk pengisian baterai ponsel. Layar panel TFT dapat menampilkan informasi kendaraan, navigasi, pengontrol musik, hingga menerima dan melakukan panggilan. 

AHM menghadirkan tiga pilihan warna pada Honda CUV e:, yaitu Stellar Matte White, Stellar Matte Silver, dan Stellar Matte Black. Untuk Honda CUV e: RoadSync Duo memiliki pilihan warna Quantum Matte White, Quantum Matte Silver, dan Quantum Matte Black.
 
Honda CUV e: dijual dengan range harga Rp53-57 juta (unit Rp33-37 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp10 juta/ unit baterai). Sementara Honda CUV e: tipe RoadSync Duo dipasarkan pada rentang harga Rp57-61 juta (unit Rp37-41 juta + dua unit baterai MPP e: seharga Rp 10 juta/unit baterai) on the road Jakarta.

Topik Menarik