Gibran Ungkap Penyusunan Kabinet Prabowo sudah Hampir 100 Persen

Gibran Ungkap Penyusunan Kabinet Prabowo sudah Hampir 100 Persen

Terkini | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 12:04
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, penyusunan kabinet pemerintahannya bersama Prabowo Subianto sudah hampir selesai. Namun, dia enggan membeberkan bocoran nama-nama menterinya.

"Sudah hampir 100 persen," kata Gibran di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Gibran menegaskan, dirinya juga ikut terlibat dalam penyusunan kabinet tersebut.

"Oh iya pasti (ikut penyusunan kabinet)," ucap Gibran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus ayah dari Gibran Rakabuming Raka enggan berkomentar soal kabinet pemerintahan Prabowo Subianto. Menurutnya, hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Mengenai kabinet itu hak, seratus (persen) hak, prerogatif presiden," kata Jokowi di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). 

Diketahui, beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah ramai-ramai menyetor nama calon menteri ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Mulai dari Partai Golkar hingga Partai Demokrat.

"Sudah ada nama-nama kader terbaik Demokrat yang diberikan ke Pak Prabowo," ujar Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, penyusunan ditargetkan rampung pada H-5 pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai (susun kabinet pemerintahan)," kata Dasco di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan, pembahasan mengenai kabinet masih sangat dinamis, terutama soal nama-nama sejumlah tokoh yang diusulkan partai politik pengusung untuk menjadi menteri.

Topik Menarik