Truk Angkut Alat Berat Tabrak Sejumlah Kendaraan di Tanah Datar, 10 Orang Dilarikan ke 2 RS

Truk Angkut Alat Berat Tabrak Sejumlah Kendaraan di Tanah Datar, 10 Orang Dilarikan ke 2 RS

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 19:15
share

PADANG PANJANG, iNews.id – Kecelakaan beruntun terjadi di jalur lintas Padang Panjang-Bukittinggi, tepatnya di daerah Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa (8/10/2024). Dalam kejadian ini 10 orang luka-luka.

Para korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Yarsi Padang Panjang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan medis.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kecelakaan bermula saat truk pengangkut alat berat berpelat nomor BK 8709 WP proyek tol di Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman melaju dari arah Bukittinggi. Saat melintas di daerah Koto Tuo, sistem pengereman truk bermasalah.

Ricky Pratama, pengemudi truk asal Tebing Tinggi, Sumatera Utara, berusaha sekuat tenaga untuk mengendalikan kendaraannya. Upaya itu gagal karena laju truk yang cukup kencang di jalan menurun. 

Truk kemudian menghantam dua angkutan umum yang tengah mengangkut penumpang. Benturan keras, menyebabkan kedua angkutan umum tersebut terpental ke sisi kiri jalan.

Tidak berhenti di situ, truk pengangkut alat berat tersebut kemudian menabrak dua sepeda motor yang sedang melintas dan menghantam truk kontainer berpelat nomor BA 8803 QU yang dikemudikan oleh Arnes, warga Padang. Truk baru berhenti setelah menabrak tebing di sisi kanan jalan.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana mengatakan, kecelakaan itu mengakibatkan kemacetan panjang di jalur lintas Padang Panjang-Bukittinggi karena posisi kendaraan yang terlibat kecelakaan menghalangi jalan.

"Jalur lintas Padang Panjang-Bukittinggi memang kerap terjadi kecelakaan, terutama yang melibatkan kendaraan berat. Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas," ujar AKBP Kartyana.

Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Topik Menarik