Dihapus Google dari Play Store, Kaspersky Buka Suara

Dihapus Google dari Play Store, Kaspersky Buka Suara

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 16:10
share

JAKARTA, iNews.id - Google hapus Kaspersky dari Play Store. Perusahaan antivirus saat ini sedang menyelidiki keadaan di balik masalah tersebut. 

Kaspersky juga akan menjajaki solusi potensial demi memastikan pengguna produknya dapat terus mengunduh dan memperbarui aplikasi dari Play Store. 

Keputusan Google menghapus Kaspersky dari Play Store mengacu pada tindakan pemerintah Amerika Serikat (AS) baru-baru ini yang membatasi distribusi dan penjualan produk Kaspersky setelah 29 September. 

Meskipun pembatasan ini tidak memiliki dampak hukum material di luar AS, Google secara sepihak memutuskan menghapus aplikasi Kaspersky di seluruh dunia. 

"Kami yakin keputusan Google didasarkan pada interpretasi berlebihan atas pembatasan AS, yang tidak didukung konfirmasi dari Departemen Perdagangan AS. Tindakan pembatasan ini tidak melarang penjualan atau distribusi produk dan layanan Kaspersky di luar negeri," kata pihak Kaspersky dalam keterangan kepada iNews.id, Selasa (8/10/2024).

Kaspersky mengatakan juga telah menyampaikan pemahaman ini kepada Departemen Perdagangan AS, dan mereka berharap dapat segera menerima panduan tambahan dari Departemen tersebut.

Meski dihapus dari Play Store, pengguna masih bisa mengunduh Kaspersky dari toko seluler lainnya, termasuk Galaxy Store, Huawei AppGallery, Xiaomi GeyApps, atau situs webnya. 

Topik Menarik