Solidaritas Hakim Indonesia akan Temui DPR Besok usai Audiensi dengan MA

Solidaritas Hakim Indonesia akan Temui DPR Besok usai Audiensi dengan MA

Terkini | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:49
share

JAKARTA, iNews.id - Perwakilan Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) beraudiensi di Gedung Mahkamah Agung (MA) dalam rangka memperjuangkan kesejahteraan hakim se-Indonesia, Senin (7/10/2024). Usai memaparkan beragam keluhan, SHI selanjutnya akan melakukan pertemuan dengan DPR.

"Insyaallah. Pintu sudah terbuka untuk kita. Semoga besok lancar ya, besok pukul 10.00 WIB," ujar Juru Bicara Solidaritas Hakim Indonesia, Fauzan Arrasyid, Senin (7/10/2024).

Dia menekankan pertemuan dengan DPR akan menekankan terhadap kesejahteraan para hakim. Selain itu dia meminta agar RUU tentang jabatan hakim kembali dibahas.

"Terhadap RUU Jabatan Hakim, kami mendorong dibuka lagi pembahasan. Karena kita tahu pembahasan terakhir lagi, itu kalau tidak salah 8 atau 10 tahun yang lalu," katanya.

Di sisi lain, dalam audensi dengan MA, pihaknya juga melampirkan surat hasil kajian teman-teman SHI, tentang kenaikan gaji dan tunjangan hakim menjadi 142 persen. Sebab selama puluhan tahun tak ada kenaikan gaji bagi para hakim kelas 2.

"Namun tuntutan hakim se-Indonesia adalah kenaikannya kita minta di angka 142 persen dari tunjangan jabatan yang ada di tahun 2012," ujarnya.

Menurutnya, yang paling terdampak yakni hakim-hakim yang ada di daerah. "Karena yang paling berdampak hari ini adalah hakim-hakim di tingkat kelas 2, yang notabenya berada di tingkat Kabupaten Kota di seluruh Indonesia," ujarnya.

Topik Menarik