Joe Biden Tak Yakin Iran dan Israel Perang Habis-habisan

Joe Biden Tak Yakin Iran dan Israel Perang Habis-habisan

Terkini | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 06:06
share

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yakin perang skala penuh di Timur Tengah bisa dihindari. Dia menegaskan banyak yang harus dikerjakan untuk mengendalikan perang yang tengah berlangsung.

"Saya tidak yakin akan ada perang habis-habisan. Saya kira kita bisa menghindarinya, tapi banyak yang harus dilakukan, masih banyak yang harus dilakukan," kata Biden, di Gedung Putih, dikutip dari Sputnik, Jumat (4/10/2024).

Sebelumnya Biden mengatakan tidak akan mendukung serangan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran. Meski demikian dia masih bisa menerima jika target serangan adalah cadangan minyak Iran.

Presiden yang akan lengser pada Januari 2025 itu, bersama negara-negara G7, merilis pernyataan bersama yang mengungkapkan kekhawatiran mengenai situasi yang memburuk di Timur Tengah.

Para pemimpin G7 melakukan konsultasi membahas upaya dan tindakan untuk menghindari eskalasi di wilayah serta mendorong gencatan senjata di Gaza dan Lebanon.

"Siklus serangan dan pembalasan yang berbahaya berisiko memicu eskalasi yang tidak terkendali di Timur Tengah, tidak menguntungkan siapa pun," bunyi pernyataan tersebut.

"Oleh karena itu, kami menyerukan kepada semua pelaku regional untuk bertindak secara bertanggung jawab dan menahan diri. Kami mendorong semua pihak untuk terlibat secara konstruktif guna meredakan ketegangan saat ini." 

Mereka juga menegaskan akan terus berhubungan erat dengan semua pihak yang terlibat dalam konflik.

Topik Menarik