Kemlu Evakuasi Lagi 40 WNI dari Lebanon, Semua Dipastikan Selamat

Kemlu Evakuasi Lagi 40 WNI dari Lebanon, Semua Dipastikan Selamat

Terkini | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 22:26
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah mengevakuasi 25 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Lebanon. Usai evakuasi itu, 40 WNI kembali dievakuasi.

Direktur Pelindungan WNI Judha Nugraha mengatakan pada tiga gelombang awal, pihaknya telah berhasil mengevakuasi 25 WNI dan kembali ke Indonesia dengan selamat.

"Selama tanggal 10, 18, dan 28 (Agustus) ada 25 warga negara kita yang bersedia untuk dievakuasi. Kemudian sudah kita lakukan evakuasi melalui jalur udara dan Alhamdulillah ke 25 orang tersebut sudah tiba di Indonesia dengan selamat," kata Judha di Kantor Kemlu Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Hingga 3 Oktober 2024, sebanyak 40 WNI kembali dievakuasi, mengingat situasi keamanan di Lebanon sudah siaga 1 berdasarkan data Kemlu, akibat ketegangan di kawasan Timur Tengah.

"Jadi dapat kami sampaikan dari evakuasi yang sudah kita lakukan secara bergelombang dalam 5 tahapan sejak Agustus hingga saat ini total ada 65 WNI," katanya.

Judha menjelaskan puluhan WNI itu sudah dievakuasi melalui jalur darat untuk keluar dari Lebanon menuju Amman.

"Kemudian 40 orang tersebut, selama tanggal 2 dan 3 (Oktober) kita sudah melakukan proses evakuasi melalui jalur darat," katanya.

Nantinya, para WNI akan dipulangan ke Indonesia pada 7 Oktober 2024 menggunakan pesawat komersil.

"Kami sedang melakukan booking pesawat komersial dari aman ke Jakarta, most likely tanggal 7 Oktober," ucapnya.

Topik Menarik