8 Makanan Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dicoba, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

8 Makanan Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dicoba, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Terkini | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 17:34
share

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Tangerang Selatan mungkin belum banyak masyarakat yang mengenal atau mengetahuinya. Padahal, kota kecil di Provinsi Banten yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta itu memiliki segudang makanan khas yang unik.

Dilansir dari laman tangerangselatan.go.id, Kota Tangerang Selatan merupakan daerah otonom yang terbentuk pada akhir tahun 2008 berdasarkan Undang-undang Nomor 51 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten tertanggal 26 November 2008.

Pembentukan daerah otonom baru tersebut, merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang, dilakukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan dalam bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan serta dapat memberikan kemampuan dalam pemanfaatan potensi daerah guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 

Meski tergolong kota muda, Tangserang Selatan menyimpan ragam penganan yang wajib dicicipi dan bisa dijadikan oleh-oleh ataupun buah tangan saat berkunjung ke kota ini. Penasaran apa saja makanan khas Tangsel? berikut ulasan lengkapnya.

8 Makanan Khas Tangerang Selatan

1. Laksa Ciater

Makanan khas Tangerang Selatan pertama yang wajib diicip-icip yakni laksa Ciater. Laksa Ciater hanya dapat ditemukan di Ciater, sebuah kelurahan di Serpong, Tangerang Selatan. Laksa Ciater memiliki perbedaan dibandingkan laksa dari daerah lain. 

Makanan khas Tangerang Selatan Laksa Ciater. (Foto: ist)
Makanan khas Tangerang Selatan Laksa Ciater. (Foto: ist)

Sementara laksa dari daerah lain biasanya menggunakan lontong atau soun sebagai sumber karbohidratnya, Laksa Ciater memakai tepung beras yang dimasak dengan cara khusus sehingga memiliki tekstur mirip getuk, dan warnanya putih.

Kuah Laksa Ciater lebih cair dibandingkan jenis laksa lainnya dan mengandung kacang kedelai. Dalam penyajiannya, tepung beras yang telah dikukus dipotong menjadi kotak-kotak kecil dan kemudian disiram dengan sayur laksa yang kuahnya tidak kental dan pekat seperti laksa pada umumnya.

2. Sagon Bakar 

Berikutnya ada sagon bakar yang merupakan makanan khas Tangerang Selatan. Penganan ini sudah menjadi ciri khas kota tersebut dan dijadikan oleh-oleh resmi pada acara "Tangsel Global Innovation Forum" yang diadakan di Kota Tangerang Selatan pada 20-23 September 2016.

Sagon bakar salah satu makanan khas Tangerang Selatan. (Foto: Instagram)
Sagon bakar salah satu makanan khas Tangerang Selatan. (Foto: Instagram)

Pengolahan sagon tersebut sebenarnya tidak dibakar secara langsung, melainkan dipanggang menggunakan oven. Makanan khas Tangerang Selatan ini memiliki cita rasa gurih dan lezat dengan tekstur yang tidak terlalu lembut, karena termasuk dalam kategori kue kering.

3. Kue Apem

Kue apem mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, karena kue ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, kue apem yang ada di Tangerang Selatan memiliki perbedaan dibandingkan dengan kue apem di daerah lain. Kue apem Tangerang Selatan menggunakan bahan tepung beras dan tape singkong sebagai bahan utamanya.

Rasa manis dan gurih dari kue apem memberikan kesan yang sangat tradisional dan autentik. Kue ini merupakan pilihan yang sempurna sebagai oleh-oleh ketika kamu mengunjungi kota Tangerang Selatan.

4. Emping Menes

Emping Menes merupakan makanan khas Tangerang Selatan yang biasanya dijadikan sebagai oleh oleh, sama seperti jenis emping lainnya. Emping menes terbuat dari biji atau buah melinjo. Cita rasa gurih, asin dan sedikit pahit membuatnya banyak digemari sebagai pelengkap makanan lain. Selain sebagai pelengkap Emping Menes juga dapat dikonsumsi sebagai cemilan cocok untuk bersantai.

5. Kue Jorong

Tangerang Selatan juga memiliki kue Jorong sebagai makanan khasnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji, tepung beras, dan gula merah kental, yang memberikan cita rasa manis yang dominan. Kue Jorong sangat cocok dinikmati sebagai cemilan sambil menyeruput teh hangat atau kopi.

6. Dodol Cilenggang 

Dodol Cilenggang. Dodol ini sering dijadikan sebagai makanan atau camilan, dan merupakan pilihan yang populer untuk oleh-oleh. Umumnya, dodol dikemas dalam ukuran kecil dan siap disantap. 

Dodol Cilenggu makanan khas Tangerang Selatan. (Foto: ist)
Dodol Cilenggu makanan khas Tangerang Selatan. (Foto: ist)

Namun, berbeda dengan Dodol Cilenggang, dodol ini berukuran cukup besar dan panjang, sehingga perlu dipotong terlebih dahulu sebelum dinikmati. Memiliki cita rasa manis dan gurih, cocok dihidangkan bersamaan dengan kopi dan teh sambil bersantai. Dodol Cilenggang mampu bertahan hingga satu minggu atau satu bulan.

7. Gecom

Makanan ini menyajikan dua bahan utama, yaitu toge dan oncom. Gecom memiliki proses pengolahan yang khas, di mana wajan datar digunakan untuk mencampur bumbu dan bahan-bahannya. Gecom menawarkan rasa sedikit asam yang dihasilkan dari penggunaan tauco sebagai bumbu tambahan. 

Makanan khas Tangerang Selatan, Gecom yang menggugah selera. (Foto: Instagram)
Makanan khas Tangerang Selatan, Gecom yang menggugah selera. (Foto: Instagram)

Untuk menyeimbangkan rasa asam, biasanya dapat menambahkan kecap manis yang pekat dan kental, sehingga rasa gecom asam gemcom sedikit berkurang dan bisa lebih disukai oleh semua orang. Gecom biasanya dapat disajikan bersama nasi atau lauk berat lainnya.

8. Tahu Serpong

Tahu dari Tangerang Selatan ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dari tahu-tahu yang ada di pasaran. Tahu tersebut digoreng sebelum disajikan. Namun, sebelum digoreng, Tahu Serpong harus direbus atau dikukus terlebih dahulu. Harganya juga sangat terjangkau. Tahu Serpong dapat dinikmati hanya dengan cabe rawit dan sambal kecap. Tahu ini merupakan alternatif lain dari sajian tahu yang ada.

Dari 8 Makanan Khas Tangerang Selatan di atas, kita bisa melihat betapa kaya dan beragamnya kuliner di kota ini. Setiap hidangan memiliki cerita dan cita rasa yang unik, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari identitas Tangerang Selatan.

Topik Menarik