5 Wanita Terkaya di Dunia, Paling Tajir Berharta Rp1.430 Triliun

5 Wanita Terkaya di Dunia, Paling Tajir Berharta Rp1.430 Triliun

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 08:57
share

JAKARTA, iNews.id - Terdapat sejumlah wanita terkaya di dunia yang memiliki harta fantastis. Menurut daftar miliarder Forbes, sebanyak 369 dari 2.781 miliarder di dunia atau 13,3 persen pada tahun ini di antaranya adalah perempuan.

Total harta wanita terkaya di dunia ini hampir mencapai 1,8 triliun dolar AS, sekitar 240 miliar dolar AS lebih banyak dari tahun lalu. Adapun perempuan terkaya di dunia tahun ini masih ditempati pewaris L'Oréal, Françoise Bettencourt Meyers dengan kekayaan bersih 93,1 miliar dolar AS atau setara Rp1.430 triliun.

Bettencourt Meyers pertama kali menduduki posisi teratas pada tahun 2019, dua tahun setelah kematian ibunya Liliane Bettencourt, yang memegang gelar tersebut selama enam tahun dari tahun 2006 hingga 2017. 

5 Wanita Terkaya di Dunia

Sementara, di posisi kedua wanita terkaya ditempati putri pendiri Walmart Sam Walton, Alice Walton dengan kekayaan sebesar 90,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.389 triliun.

Mayoritas wanita terkaya mewarisi kekayaan mereka, baik dari ayah, suami atau dalam satu kasus, ibu. MacKenzie Scott merupakan satu-satunya perempuan dalam daftar teratas yang mendapatkan kekayaannya melalui perceraian. 

Mantan istri Jeff Bezos ini memiliki kekayaan senilai 34 miliar dolar AS, naik dari 11,2 miliar dolar AS pada tahun lalu meskipun bekerja dengan sangat keras untuk memberikannya. 

Miliarder dermawan ini baru-baru ini menyumbangkan 640 juta dolar AS kepada lebih dari 300 lembaga nirlaba, sehingga total sumbangan filantropinya sepanjang hidupnya menjadi 17,3 miliar dolar AS. 

Berikut daftar 5 wanita terkaya di dunia menurut Forbes:

1. Françoise Bettencourt Meyers dan keluarga

Bettencourt Meyers merupakan cucu perempuan pendiri L’Oréal. Pewaris kekayaan keluarga ini menjadi wanita terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Sebagian besar kekayaannya berasal dari hampir 35 persen sahamnya di perusahaan kosmetik raksasa L’Oréal Group. 

L'Oreal menaungi merek-merek ternama seperti Maybelline, Kiehl’s, dan Lancôme. Bettencourt Meyers, yang mewarisi kekayaannya dari ibunya, Liliane Bettencourt, memiliki kekayaan sebesar 93,1 miliar dolar AS atau setara Rp1.430 triliun.

2. Alice Walton

Alice Walton menduduki urutan kedua wanita terkaya di dunia dengan kekayaan 90,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.389 triliun. Alice merupakan putri tunggal pendiri Walmart Sam Walton yang meninggal dunia tahun 1992). 

Tidak seperti saudara-saudaranya, Alice tidak pernah duduk di dewan direksi Walmart. Sebaliknya dia berfokus pada bidang seni, di mana Alice dikenal karena membuka Museum Seni Amerika Crystal Bridges di kota kelahirannya Bentonville, Arkansas, yang memamerkan karya-karya dari Andy Warhol, Norman Rockwell, dan Mark Rothko.

3. Julia Koch dan keluarga

Julia Koch merupakan janda dari David Koch yang meninggal tahun 2019. Dia dan ketiga anaknya mewarisi 42 persen saham Koch Industries, yang memiliki bisnis mulai dari penyulingan minyak dan teknologi medis hingga tisu dapur. Kekayaan bersih Julia mencapai 74,2 miliar dolar AS atau setara Rp1.148 triliun

4. Jacqueline Mars

Jacqueline merupakan pewaris Mars Inc, perusahaan permen dan makanan hewan peliharaan, bersama dengan saudaranya, John Mars, dan keempat putri mendiang saudaranya Forrest Jr. Perusahaan itu memiliki merek-merek ikonik, termasuk M&Ms, Snickers, Ben's Original, dan makanan anjing Pedigree. 

Perusahaan ini didirikan oleh kakeknya, Frank C Mars, yang mulai menjual permen krim mentega dari dapurnya pada tahun 1911. Kekayaan Jacqueline mencapai 47,6 miliar dolar AS atau setara Rp736,56 triliun.

5. MacKenzie Scott

Miliarder dermawan ini memperoleh 4 persen saham Amazon setelah perceraiannya dengan Jeff Bezos pada tahun 2019. Dia juga berjanji untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya segera setelah perceraiannya tersebut. 

Pada Maret lalu, Scott memberikan sumbangan sebesar 640 juta dolar AS kepada 361 organisasi yang telah mengajukan permohonan dalam sebuah kompetisi untuk mendapatkan pendanaan. Sumbangan sepanjang hidupnya telah meningkat hingga total 17,3 miliar dolar AS. Kekayaannya tercatat sebesar 34 miliar dolar AS atau setara Rp525,02 triliun.

Demikian ulasan 5 wanita terkaya di dunia menurut data Forbes. Semoga menjadi informasi baru untuk Anda. 

Topik Menarik